Hasil Olimpiade Tokyo 2020, Raja Basket Olimpiade, Amerika Serikat Lolos ke Final Putra

SURYAKABAR.com – Raja basket putra Olimpiade, Amerika Serikat memastikan lolos ke final Olimpiade Tokyo 2020, setelah di semifinal menang 97-78 atas Australia di Saitama Super Arena, Jepang, Kamis (5/8/2021).

Amerika Serikat bakal berebut medali emas pada laga final, Sabtu (7/8/2021) menghadapi pemenang semifinal lainnya antara Prancis kontra Slovenia.

Amerika Serikat terlambat panas saat melawan Australia. Pada kuarter pertama Amerika Serikat tertinggal 18-24.

Tidak ingin margin poin tertinggal semakin jauh, Amerika Serikat bangkit di kuarter kedua. Tim asuhan Gregg Popovich menutup kuarter kedua dengan keunggulan 24-21, atau secara keseluruhan masih tertinggal 42-45.

Mengandalkan Kevin Durant, pemain bertinggi badan 2,08 meter dari klub Brooklyn Nets, Amerika Serikat tidak memberi kesempatan kepada Australia untuk mengembangkan permainan di kuarter ketiga. Kevin Durant dkk unggul jauh pada kuarter ketiga, 32-10, sekaligus mengubah total skor menjadi 74-55.

BACA JUGA:

Keunggulan telak di kuarter ketiga, membuat Amerika Serikat yang diperkuat sejumlah pemain NBA, tampil lebih nyaman pada kuarter terakhir.

Sebaliknya, Australia tertekan untuk mengejar ketinggalan. Kuarter keempat berakhir imbang 23-23 dan skor akhir 97-78 untuk kemenangan Amerika Serikat.

Kevin Durant mencetak poin terbanyak pada laga ini yakni 23 poin dan 9 rebound. Andalan Australia Patty Mills, pemain San Antonio Spurs membukukan 15 poin.

Sejak basket putra dipertandingkan di Olimpiade Berlin 1936 atau sudah 19 kali, Amerika Serikat mencatat juara 15 kali. Bahkan pada tiga edisi terakhir, Amerika Serikat terus merebut medali emas. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *