Asosiasi Sintesa Siap Sosialisasikan NIB dan IUMK ke Pelaku UKM Jatim

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sinergi Interpreneur Nusantara (Sintesa) bersama instansi terkait di Jawa Timur akan terus bersinergi guna mendorong pelaku usaha agar terus berinovasi dan mengembangkan usaha.

Asosiasi Sintesa juga siap jika sewaktu-waktu diminta memberikan pendampingan dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Seperti yang telah dilakukan Asosiasi Sintesa di Jawa Timur dalam pelatihan dan pendampingan kepada 25 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur di Jalan Juanda, Sidoarjo, 20 April 2021 lalu.

“Penting sekali kelegalan usaha. Sehingga saat saya ingin mengembangkan usaha, tinggal jalan saja. Saya senang, telah mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan pendampingan itu,” kata Tjivinangsih Wirmijatie, peserta dari Malang.

Founder Asosiasi Sintesa di Jawa Timur, Taufik Wijaya mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi bersama pemerintah melalui instansi terkait kewirausahaan, serta turut menggandeng lembaga tentang bisnis.

Oleh karena itu, sebagai upaya Asosiasi Sintesa dalam memberikan pelatihan dan pendampingan khusus para pelaku UKM di Jatim, Asosiasi Sintesa akan melakukan road show ke tingkat daerah-daerah di Jatim.

“Targetnya untuk memunculkan kader-kader baru sebagai pendamping pelaku UKM di wilayah masing-masing,” ujarnya.

“Jika ada kesempatan, rencanannya melakukan road show kegiatan pelatihan dan pendampingan ke Badan Koordinasi Wilayah yang ada seperti di Malang, Pamekasan, Bojonegoro, Jember, dan Madiun,” sambungnya.

Menurut Taufik, sapaan Taufik Wijaya, jika manfaat dari perijinan seperti NIB dan IUMK melalui OSS ini tidak terbatas masa berlaku, atau tetap akan aktif selama pelaku masih aktif melakukan usahanya.

“Perijinan semacam itu baik, terintegrasi di pemerintah pusat. Tapi, sejauh ini masih kurang diketahui, dan dimanfaatkan sejumlah pelaku usaha di Jatim khususnya,” terangnya.

“Padahal setiap pelaku usaha diberikan kemudahan saat ingin melakukan pengembangan usahanya melalui fitur yang ada disitu. Oleh karena itu, kita akan bersinergi dengan instansi dan lembaga terkait, dan siap menyosialisasikannya,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *