OSIS SMA Al Muslim Gandeng FKM Unair Peringati Hari Gizi 2021

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – OSIS SMA Al Muslim bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga memperingati hari gizi nasional yang jatuh pada 28 Februari 2021.

Peringatan Hari Gizi Nasional kali ini OSIS SMA Al Muslim mengedukasi masyarakat dengan mengadakan webinar hari gizi bertema “Gizi Berkualitas untuk Bangsa yang Cerdas” dan menghadirkan dosen FKM Unair, Qonita Rachmah, S,Gz., M.Sc. sebagai narasumber webinar.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting ini diikuti ratusan peserta dari siswa, guru, orangtua dan masyarakat umum. Selain melalui zoom meeting, kegiatan ini juga ditayangkan live streaming di live youtube dan live Instagram. Tentunya kondisi pandemi tidak mengurangi semangat melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan yang dilaksanakan OSIS SMA Al Muslim kali ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keseimbangan gizi bagi masyarakat. Sehingga adanya pandemi masyarakat tidak melupakan pentingnya keseimbangan gizi bagi tubuh. Selain itu, juga mengedukasi masyarakat terkait mitos dan fakta yang ada di masyarakat seputar gizi.

“Meskipun pandemi kita berharap masyarakat juga memikirkan pentingnya keseimbangan gizi untuk tubuh. Makanya kegiatan ini kami mencoba mengedukasi masyarakat melalui webinar,” ujar Ferry, Ketua Panitia webinar Hari Gizi OSIS SMA Al Muslim.

BACA JUGA:

Selain itu, SMA Al Muslim sebagai sekolah adiwiyata juga mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat dalam hal ini peduli terhadap gizi masyarakat.

“Sebagai sekolah adiwiyata, kami memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat salah satunya di momen Hari Gizi 2021 ini,” kata Mahmudah, S.Ag., M.Pd, Kepala SMA Al Muslim.

Menurut Mahmudah, kegiatan webinar ini meggandeng FKM UNAIR sebagai narasumber, karena SMA Al Muslim telah bekerjasama dalam MoU dengan FKM UNAIR selama dua tahun berjalan hingga sekarang.

Sementara itu ditanya makan nasi bikin gemuk, itu mitos atau fakta, Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc menyebut, makan nasi tidak membuat gemuk, asal makannya tidak berlebihan dan dibarengi dengan olahraga yang cukup.

Selain itu, Qonita Rachmah menyampaikan mitos yang menyebut, tidak makan malam membantu menurunkan berat badan. Seorang yang tidak makan malam menyebabkan hipoglikemia. Sebaiknya terapkan pola makan teratur 3x sehari dengan porsi yang cukup agar gula darah terus dalam kondisi seimbang.

Di akhir webinar, OSIS SMA Al Muslim memberikan kuis berhadiah seputar gizi untuk peserta yang join di zoom meeting. Hal ini diharapkan masyarakat khususnya peserta yang join dapat termotivasi untuk meningkatkan kesadaran akan gizi bagi tubuh.

“Kedepan OSIS SMA Al Muslim akan berusaha terus mengedukasi masyarakat terkait kepedulian lingkungan melalui media sosial,” tandas Azam Afian Dinata, S.Sos, Pembina OSIS SMA Al Muslim. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *