Pemkot Surabaya harus Miliki Road Map Penanggulangan Banjir sampai Tingkat Kelurahan

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Guna mencegah banjir di Surabaya sedini mungkin, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Surabaya mendesak pemkot segera memiliki road map penanggulangan banjir hingga level kelurahan.

Sekretaris Fraksi PKS, Aning Rahmawati mengatakan, di tengah pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD Kota Surabaya 2021 maupun rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) nanti, Fraksi PKS berharap pada kelurahan-kelurahan percontohan.

Kelurahan percontohan ini, jelas Aning, didampingi satu konsultan yang mengerjakan road map penanggulangan banjir di tiap kelurahan.

“Dengan road map ini, maka diharapkan tidak terjadi disconnect antara satu kelurahan dengan kelurahan lain. Misalnya, tinggi-tinggian paving, saluran air primer tidak connect dengan permukiman. Jadi memang perlu road map penanggulangan banjir,” tegas Aning, Kamis (17/9/2020).

BACA JUGA:

Lebih jauh, dia menjelaskan, selama ini master plan drainase Kota Surabaya untuk saluran air masih pada primer dan sekunder, belum pada saluran tersier atau saluran lingkungan. Primer ini yang di PU, sementara yang sekunder berada di Cipta Karya, ini yang masih belum sinkron. Untuk itu, lanjut Aning, FPKS menyarankan Pemkot Surabaya agar membuat master plan drainase.

Di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Surabaya, kata Aning, sudah disepakati agar dibuat road map percontohan dengan didampingi konsultan, sehingga diharapkan dalam lima tahun ke depan dapat menjadi percontohan di seluruh kelurahan di Surabaya.

“Kita tidak ingin di Surabaya terus-terusan banjir saat musim hujan, karena memang pengawasan drainase untuk permukiman masih lemah, sehingga seringkali dilanda banjir,” tandasnya. (be)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *