Aplikasi Oltek, jadi Solusi bagi Warga Sidoarjo yang Tidak Memiliki Waktu Luang atau Enggan Antre untuk Servis Motor

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ini kabar gembira bagi warga Sidoarjo yang tidak memiliki waktu luang atau enggan mengantre untuk servis motor.

Ya, sebuah aplikasi yang dinamakan Online Teknisi (Oltek) menjadi solusi. Ini karena aplikasi yang bisa diunduh di Play Store tersebut memberi banyak kemudahan kepada warga Sidoarjo yang ingin menyervis motornya, namun tidak memiliki waktu atau enggan mengantre. Pemilik kendaraan tidak perlu pergi ke bengkel, karena sang mekanik akan mendatangi konsumen.

“Oltek ini sebuah solusi mengonline kan teknisi, karena banyak kendala yang dihadapi para teknisi di masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak dari mereka yang harus bekerja shift dan bahkan ada yang diPHK,” ujar Abu Dardak, Chief Executive Officer (CEO) Otoplasa, Kamis (6/8/2020).

Menurut warga Desa Semambung, Kecamatan Jabon, Sidoarjo ini, lewat aplikasi ini konsumen mengorder mekanik lewat Oltek Service Centre. Melalui sistem, mekanik yang rumahnya terdekat akan mendatangi konsumen.

“Jadi konsumen cukup di rumah untuk menyervis motornya, mekanik terdekat akan mendatanginya. Menurut data kita ada begitu banyak motor yang tidak dibawa pemiliknya ke bengkel-bengkel yang ada. Angkanya menyentuh 60 persen lebih,” ujar Abu.

BACA JUGA:

Abu mengatakan, pada 2019 di Sidoarjo terdapat 1.470.000 unit sepeda motor. Di antara jumlah tersebut yang terserap bengkel hanya 31 persen. Ini merupakan peluang besar. “Orang kita paling tidak suka mengantre. Jadi mereka tinggal klik aplikasi Oltek maka mekanik akan hadir ke rumah. Layanan ini 24 jam. Konsumen bisa menentukan sendiri waktunya. Kapan saja. Mekanik siap setiap waktu,” imbuh Abu.

Sementara itu salah satu pemilik Oltek Service Center, Zahlul Yussar yang juga Wakil Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo mengatakan akan menjaring sumber daya yang ada di Sidoarjo.

“Kami akan bekerjasama dengan OPD untuk menjaring mekanik, karena target kami nantinya akan ada 500 mekanik di Kabupaten Sidoarjo yang akan diberdayakan untuk aplikasi Oltek ini. Nanti karyawan-karyawan yang terkena PHK akan kita berdayakan dan kita latih menjadi mekanik sepeda motor,” ujar Zahlul.

Zahlul menambahkan, di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak konsumen yang engan pergi ke bengkel untuk merawat motor. Dengan aplikasi ini, konsumen tidak perlu khawatir, karena mereka tidak perlu keluar rumah.

“Kita melayani konsumen di rumah dengan harga terjangkau. Selain itu untuk para mekanik bisa mendapatkan penghasilan lebih, karena mereka tidak terikat waktu. Teknisi kami nantinya juga akan ada di semua desa di Sidoarjo. Kita akan memberdayakan potensi-potensi yang ada di desa. Aplikasi ini akan kita luncurkan tepat pada 17 Agustus mendatang,” imbuh Zahlul. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *