Jumlah Siswa Baru MTs Model Hasanuddin Sidoarjo Alami Kenaikan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Jumlah siswa baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Model Hasanuddin, Sidoarjo pada tahun ajaran 2020/2021 mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Tahun lalu, jumlah siswa yang diterima 73 siswa, sedang tahun ini jumlah siswa yang diterima 92 siswa atau naik sekitar 20 persen.

Saat ini 92 siswa baru itu sedang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MTLS) secara tatap muka di sekolah. Tujuan dilakukan kegiatan tersebut untuk mengenalkan siswa dengan program sekolah, dan pendekatan madrasah terhadap siswanya.

Kepala Sekolah MTs Model Hasanuddin, M. Ali Mahrus mengatakan, penting bagi madrasah agar bisa mengenal lebih dekat siswanya. Tapi karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan MPLS dilakukan selama dua hari, Senin dan Selasa, (13-14/7/2020).

“Kita butuh saling mengenal, untuk menyampaikan model pembelajaran baru ditengah pandemi ini. Sekaligus mengenalkan program-program unggulan di sini,” kata M. Ali Mahrus kepada suryakabar.com, Rabu (15/7/2020).

BACA JUGA:

Program unggulan saat ini, kata Ali, sapaan akrab M. Ali Mahrus, adalah kegiatan pembiasaan bagi siswa. Meliputi praktek keagamaan para siswa seperti, salat dhuha, amalan Aswaja An-Nahdliyah, pembelajaran Ta’lim muta’alim, dan sebagainya.

“Model pembelajaran 2020/2021 ini, kita lakukan secara daring, online. Kita sudah siapkan guru yang berkompeten, setiap guru mendampingin 12 anak. Kami ingin terus berupaya memberikan yang terbaik bagi siswa, hingga mereka unggul dan berprestasi,” terangnya.

Sejak berdiri 2006, lanjut Ali, sudah banyak dari siswanya yang berhasil merah prestasi. Baik untuk prestasi keagamaan, akademik, maupun non-akademik, di tingkat kabupaten juga provinsi.

Ia mencontohkan, ada sekitar 14 siswa berprestasi pada 2019. Misalnya, juara lomba kaligrafi tingkat kabupaten, juara olahraga pencak silat beregu putri, dan juara lomba lari untuk tingkat Jawa Timur, maupun juara di bidang keahlian MHQ Cabang Tahfidz tingkat kabupaten.

“Selama pandemi ini, kita terus mengawal bakat para siswa. Terlebih, program pembelajaran terus kita perbaiki, menyesuaikan kondisi saat ini,” tandasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *