Desa Pagerwojo Sidoarjo Launching Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Sidoarjo Harapkan Terus Lestari

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Keseriusan warga di tingkat desa dalam menekan penyebaran Covid-19, melalui pembentukan Kampung Tangguh Semeru terus berlanjut. Satu lagi Posko Kampung Tangguh Semeru diluncurkan di Balai Desa Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, Rabu (10/6/2020) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Muhammad Iswan Nusi, Forkopimka Buduran, Kepala Desa Pagerwojo beserta perangkatnya, Wakapolresta Sidoarjo beserta pejabat utama Polresta Sidoarjo.

Kepala Desa Pagerwojo Ahmad Mulyanto menyampaikan, di wilayahnya terdapat empat positif Covid-19, salah satu di antaranya meninggal dunia. Berangkat dari wabah Virus Corona yang harus dilawan bersama, maka ia dengan warganya bergerak cepat membentuk Posko Kampung Tangguh beserta check point di beberapa titik dengan SOP ketat.

Posko Kampung Tangguh Semeru Desa Pagerwojo juga ditopang adanya ruang kesehatan, ruang isolasi, lumbung pangan, dan upaya-upaya lainnya sebagai langkah pencegahan Covid-19. “Karenanya semoga ikhtiar kami ini dapat dengan cepat menekan penyebaran Covid-19,” ujar Kades Pagerwojo Ahmad Mulyanto.

BACA JUGA:

Keberadaan Kampung Tangguh Semeru di tengah pandemi Covid-19, tidak hanya berdampak positif guna menekan penyebaran virus tersebut. Akan tetapi dapat membentuk ketangguhan lainnya bagi masyarakat.

Melihat semakin bergeliatnya semangat masyarakat membentuk Kampung Tangguh Semeru di desa maupun perkampungan, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menganggap, manfaat adanya Kampung Tangguh Semeru ini begitu banyak.

Tidak hanya efektif menekan laju penyebaran Covid-19 secara maksimal, Kampung Tangguh Semeru menurut Kombes Pol. Sumardji juga membuat tangguh segala hal, termasuk keamanan di Tengah masyarakat.

“Ya, banyak yang merasakan, tangguh dalam penguatan harkamtibmas, merupakan manfaat lain dari adanya Kampung Tangguh Semeru. Sebab itu, keberadaannya harus lestari, Kampung Tangguh Semeru harus terus dijalankan di setiap desa,” harap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Keberadaan Kampung Tangguh Semeru juga melatih masyarakat hidup gotong royong dan saling peduli. Jika konsep seperti ini dijalankan terus, tambah Kapolresta Sidoarjo situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo akan tetap aman dan kondusif.

Dukungan juga disampaikan Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Ia mengatakan, di Kampung Tangguh Semeru semua program tertampung di dalamnya. Sebagaimana adanya divisi-divisi atau satgas. Ada satgas keamanan, kebutuhan pangan, kesehatan, kematian, dan sebagainya.

“Jika semua warga terlibat di dalamnya. Maka desa maupun perkampungan kita akan tangguh ke depannya. Termasuk dengan terbuktinya penyebaran Covid-19 di sejumlah zona merah Sidoarjo dapat menurun,” jelasnya.

Saat ini memasuki masa transisi new normal. Cak Nur, sapaan akrab Nur Ahmad Syaifuddin berharap masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam segala aktifitas di mana saja. Jika semua disiplin menerapkannya maka kita akan tangguh memasuki fase new normal. “Mari saling menguatkan untuk penerapan protokol kesehatan tersebut, agar kita tangguh menghadapi Covid-19,” pungkasnya. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *