Pesan Sembako di Lumbung Pangan Jatim Lewat Online Biaya Kirim Gratis, Ini Syaratnya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Program Lumbung Pangan Jatim dibuka, Selasa (21/4/2020) sore. Tersedia beragam aneka bahan pokok makanan dengan harga murah. Pembelian bisa dilakukan di outlet, atau melalui online lewat aplikasi Go Jek fitur Go Shop dan di laman website, www.lumbungpanganjatim.com.

Outlet pembelian dijaga petugas, dan tetap menerapkan protokoler kesehatan. Pengunjung disediakan bangku tunggu dengan sistem jarak satu meter, dan wajib bermasker. Sebelum masuk ke area outlet, pengunjung juga akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas dengan thermo gun, guna upaya pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Lumbung Pangan Jatim merupakan ikhtiar pemerintah untuk menjamin ketersediaan bahan pokok. Khususnya bagi masyarakat Jatim, menjelang bulan Ramadhan.

“Ditengah pandemi Covid-19, masyarakat bisa memanfaatkan pembelian secara online. Sudah ada websitenya, bisa dimanfaatkan,” pesannya.

Ada pun ragam bahan sembako beserta harga yang tersedia di Lumbung Pangan di antaranya, beras kemasan lima kilogram dijual mulai harga Rp 53.500 hingga Rp 57.700, gula dijual Rp 12.500 per kg, minyak goreng Rp 11.500 per liter, bawang putih Rp 21.000 per kg, telur ayam Rp 21.500 per kg, daging ayam beku dijual Rp 26.000 per kg, juga ada ikan fillet dori dijual Rp 35.000 per kg.

BACA JUGA:

Khofifah menambahkan, hari ini Menteri Kesehatan sudah menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya dan sebagian wilayah di Sidoarjo dan Gresik. Untuk itu, saat PSBB diterapkan, ojek online (ojol) tidak dapat mengambil penumpang, sehingga solusi pengiriman barang lewat Go Send dan Go Shop bisa membantu para ojol.

Barang pesanan dikirim gratis dengan syarat jarak maksimal 20 kilometer. Biaya kirim ditanggung APBD Pemprov Jatim.

lumbung pangan 1
Petugas menyemprot hand sanitizer di tangan calon pembeli di Lumbung Pangan Jatim.

Pemesanan via online mulai, Rabu (22/4/2020) akan dibuka sesuai jam pelayanan mulai pukul 10.00 hingga pukul 16.00 WIB. Untuk ketersediaan barang bahan pokok, ia menjamin stoknya. “Jangan sampai masyarakat melakukan panic buying, karena stok masih cukup banyak,” tegasnya.

Fasilitas lain yang bisa diakses masyarakat yakni bisa pesan via aplikasi Meeber. Dengan aplikasi itu, pembeli bisa pesan dan mengatur kapan pengambilan barang dilakukan melalui drive thru yang disiapkan tanpa harus mengantre. Bahkan ke depan, ia juga mengupayakan masyarakat bisa pesan belanja lewat WhatsApp.

Selain di Surabaya, Lumbung Pangan Jatim juga akan ditambah untuk wilayah Malang Raya. “Dalam waktu dekat ini di Malang. Perluasan layanan tambah ini karena kami berharap makin meluas untuk cakupan masyarakat yang bisa terlayani,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *