Bantuan Pemerintah Segera Disalurkan untuk 135 Ribu Calon Penerima di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Paket sembako pemerintah untuk warga terdampak coronavirus disease (Covid-19) di Sidoarjo akan didistribusikan. Bantuan itu, diharapkan meringankan kebutuhan warga selama dua bulan dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Rencananya, sebuah paket sembako berisi bantuan beras, minyak goreng, dan gula senilai Rp 150 ribu. Secepatnya, pemerintah bersama dinas terkait, serta pemerintah tingkat desa akan mengatasi kondisi ini.

Plt. Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, secepatnya bantuan akan disalurkan awal Mei 2020. Juga menunggu kepastian data Dinas Sosial (Dinsos) dan pemerintah desa.

“Nantinya diminta lurah memberikan data dan masukan, siapa saja yang perlu, dan berhak menerima. Setiap desa disediakan sekitar 380 paket sembako,” kata Cak Nur sapaan akrab Nur Ahmad Syaifuddin, Selasa (14/4/2020).

BACA JUGA:

Anggaran yang diambil dari APBD, kata dia, khusus untuk 135 ribu calon penerima bantuan. Karena itu, diminta peran serta stakeholder terkait, Dinsos, dan pemerintah desa bisa menyerahkan verifikasi data.

“Rencananya, disalurkan dua kali. Tapi, data by name-by address nya kami pastikan dulu. Pihak desa memprediksi sekitar 400 paket yang diajukan. Jika dirasa kurang, desa bisa memrogram APBDes, itu malah bagus untuk meringankan gugus tugas kabupaten,” terangnya.

Menurut Cak Nur, yang juga Ketua Gugus Tugas, sebagian pihak swasta telah ikut membantu pemerintah. Namun jika sumbangan itu bentuknya berupa masker dan alat pelindung diri (APD) harus segera didistribusikan.

“Fokusnya yang dari APBD dulu, warga kurang mampu yang terdampak. Lalu dari yang terkumpul untuk 24 ribu lebih calon penerima bantuan seperti, UMKM, phk, dan warga daerah yang terdampak,” tegasnya.

Sumbangan dari swasta yang terkumpul berupa sembako 2 ton, dan alat pelindung diri (APD) sudah masuk. Nantinya, pemerintah juga akan menerapkan seluruh warga di Sidoarjo menggenakan masker, dan ditargetkan segera itu terpenuhi. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *