Timnas U-18 Akhiri Uji Coba di Sidoarjo Gelontor Gawang Persekabpas Empat Gol Tanpa Balas

SIDOARJO, SURYAKABAR.com -Timnas U-18 menutup uji coba di Sidoarjo dengan happy ending. Ini setelah di pertandingan terakhir Timnas U-18 menang telak 4-0 (4-0) atas Persekabpas Kabupaten Pasuruan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (22/7/2019) sore.

Sukses ini melengkapi keberhasilan dua pertandingan sebelumnya. Pada uji coba pertama tim asuhan Fakhri Husaini menang 2-1 atas Persibo Bojonegoro dan di uji coba kedua menundukkan tuan runah Deltras Sidoarjo, 1-0.

Menguasai jalannya pertandingan, Timnas U-18 terus mengurung pertahanan Persekabpas di babak pertama. Memainkan tiga pemain depan M Supriadi di kiri, Sutan Zico di tengah dan Amirudin Bagus di kanan, Timnas U-18 menggempur pertahanan Persekabpas lewat serangan dari dua sayap.

Skema ini cukup jitu. Empat gol Timnas U-18 semuanya berawal dari umpan tarik dari sisi kiri pertahanan Persekabpas.

Gol pertama tim berjuluk Garuda Nusantara menit 12 lahir dari overlaping Bayu Fiqri dari sektor kanan. Umpan tarik pemain asal ASIFA Malang ini disambut tendangan first time Sutan Zico untuk menjebol gawang Persekabpas yang dikawal M Rizky Ade.

Berselang dua menit, Sutan Zico kembali menjebol gawang Persekabpas. Proses lahirnya gol ini sama seperti gol pertama. Kali ini Amirudin Bagus yang melepas umpan tarik dari sisi kiri pertahanan Persekabpas dan disambut tendangan voli Sutan Zico.

Tahu titik lemah Persekabpas ada di sektor kiri, gempuran Timnas U-18 kembali mengoyak sektor tersebut. Lagi-lagi Bayu Fiqri overlaping. Begitu mendekati garis gawang, Bayu mengirim umpan ke mulut gawang. Bola disambut Sutan Zico namun lepas. Beruntung di belakang Zico ada Supriadi yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan pemain asal Persebaya ini menceploskan bola menit 35 untuk membawa Timnas U-18 unggul 3-0.

Tertinggal tiga gol, Persekabpas berupaya keluar dari tekanan. Tim asuhan Sunardi ini sempat menciptakan peluang menit 43. Sundulan M Ilham Arfil di mulut gawang dengan sigap ditepis kiper Timnas U-18 Moch Rizki dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Memasuki injury time babak pertama, Rendy Juliansyah memastikan kemenangan Timnas U-18 4-0. Seperti tiga gol sebelumnya, gol pamungkas Timnas U-18 ini diawali dari umpan tarik Amirudin Bagus dari sektor kiri pertahanan Persekabpas. Bola lambung setinggi dada diteruskan Rendy Julianyah dengan dada untuk menjebol gawang Persekabpas.

Di babak kedua, tempo permainan tetap lamban. Persekabpas berhasil keluar dari tekanan, setelah memainkan long passing. Bola dari bawah diarahkan ke daerah kosong di belakang pemain Timnas U-18. Skema ini menyulitkan pemain Timnas U-18 menambah gol, kendati mereka memiliki beberapa peluang.

Persekabpas di babak kedua juga punya peluang emas di injury time, namun tendangan pemain pengganti Abdulah Hafid dari dalam kotak penalti ditepis kiper Moch Rizki.

Tiga uji coba di Sidoarjo ini sebagai persiapan Timnas U-18 sebelum tampil di Piala AFF U-19 2019 di Vietnam, 6-19 Agustus 2019. Sebaliknya, bagi tiga tim Jawa Timur, uji coba ini untuk memanaskan mesin sebelum mereka bertarung di Liga 3 Jatim 2019. (es)

HASIL UJI COBA TIMNAS U-18 DI SIDOARJO
Kamis (18/7/2019)
Timnas U-18 2-1 Persibo Bojonegoro

Sabtu (20/7/2019)
Timnas U-18 1-0 Deltras

Senin (22/7/2019)
Timnas U-18 4-0 Persekabpas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *