Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sejumlah harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan di Sidoarjo mengalami kenaikan. Kenaikan itu terjadi pada kebutuhan pokok seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan tomat.

Salah satu pedagang di Pasar Baru Porong, Tutik (53) mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok itu mulai terjadi 10 hari yang lalu.

Harga bawang putih dari Rp 25 ribu per kilogram naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Bawang merah Rp 22 ribu naik Rp 35 ribu per kilogram, dan cabai merah besar dari Rp 25 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

“Kenaikan ini sejak 10 hari yang lalu. Selain itu setelah Pilpres dan Pileg Pasar Baru Porong ini sepi pembeli,” kata Tutik di Pasar Baru Porong, Kamis (25/4/2019).

Tutik menambahkan, selain kebutuhan pokok mengalami kenaikan ada juga yang cenderung turun, seperti cabai rawit, dan sayuran seperti, kentang, wortel, kobis, col dan buncis.

“Sayuran cenderung turun, namun turun tidak terlalu banyak. Kemungkinan pada hari pertama Ramadhan kurang dua hari biasanya naik lagi,” tambah Tutik.

Hal senada disampaikan Ida (46). Pedagang pracangan Pasar Baru Porong ini mengaku, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan sudah biasa. Hampir setiap tahun kenaikan harga pasti terjadi.

“Kami tidak tahu asal usul kenaikan tersebut, permainan tengkulak atau bagaimana. Karena kami ini kulakan naik ya kami jual naik,” tambah Ida.

Eny (48), warga Kelurahan Gedang Kecamatan Porong, pembeli di Pasar Baru Porong mengatakan, kenaikan kebutuhan pokok ini sangat memberatkan ibu-ibu rumah tangga, khususnya menjelang Ramadhan.

“Menjelang bulan suci Ramadhan ibu-ibu biasanya belanjanya cukup banyak, tapi sayang harganya naik semua,” kata Eny.

Eny berharap menjelang Ramadhan seperti ini dari dinas terkait memberikan solusi untuk ibu-ibu rumah tangga. “Ada pasar murah atau bagaimana, kami dengar ada pasar murah tapi tidak tahu di pasar mana,” tandas Eny. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *