Bupati Sidoarjo Serahkan 60 Ribu Sertifikat Tanah ke Warga

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo membagikan 60 ribu sertifikat tanah milik warga Sidoarjo tahun ini.

Penerbitan sertifikat tanah tersebut melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) pada 2018 lalu. Secara simbolis, sertifikat tanah tersebut diserahkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jumat (25/1/2019).

Selain sertifikat tanah milik warga, juga diserahkan sertifikat aset milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo serta sertifikat aset tanah kas desa.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan sertifikat aset Kementerian Perhubungan R.I yang dipergunakan untuk rel kereta api serta sertifikat aset Kementerian PUPR R.I yang dipergunakan untuk jalan nasional.

Dalam penyerahan sertifikat tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH serta Kepala BPN Sidoarjo Humaidi.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik terselenggaranya Penyerahan Sertifikat PTSL dan aset pemerintah tersebut. Ia katakan diterbitkannya sertifikat tersebut meningkatkan status kepemilikan tanah yang kuat dimata hukum. Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah dikemudian hari.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah meminta masyarakat agar dapat menjaga dengan baik sertifikat tanahnya. Ia katakan sertifikat tanah adalah barang berharga. Sertifikat tanah dapat dimanfaatkan untuk pinjaman modal usaha. Namun ia berpesan untuk tidak meminjamkan sertifikat tanahnya kepada orang lain. Apabila itu terjadi, ia khawatir akan disalahgunakan sang peminjam.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran BPN Sidoarjo yang telah membantu masyarakat dalam program sertifikasi tanah. Ia berharap program PTSL akan mampu menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan masyarakat Sidoarjo. Ia juga berharap kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan jajaran BPN dapat berlangsung terus menerus dan berkesinambungan. Tanpa dukungan tersebut pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan Kabupaten Sidoarjo tidak berjalan dengan baik.

Kepala BPN Sidoarjo Humaidi A.Ptnh,MM mengatakan, ada 60 ribu bidang tanah milik warga Sidoarjo yang menjadi target program PTSL pada 2018 lalu. Target tersebut telah terlampaui dengan diterbitkannya sertifikat tanah yang diserahkan tahun ini.

60 Ribu bidang tanah tersebut tersebar di 39 desa yang berada di 9 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.
Penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah penyerahan tahap pertama sertifikat PTSL tahun anggaran 2018. Ada 117 sertifikat tanah yang diserahkan pada tahap pertama kali ini. Sedangkan untuk penyerahan selanjutnya akan dilakukan dimasing-masing desa program PTSL.

Ia katakan keberhasilan program PTSL tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama yang sinergi antara semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta masyarakat itu sendiri. Humaidi juga katakan penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah bukti, BPN R.I selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut ia katakan BPN telah menerbitkan sertifikat aset milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebanyak 16 bidang. Selain itu BPN juga menerbitkan sertifikat tanah kas desa aset Pemerintah Desa Singopadu, Desa Kajeksan, Desa Kemantren, Desa Grogol, Desa Grinting serta Desa Medalem yang semua berada di Kecamatan Tulangan. Jumlahnya ada 186 sertifikat.

Empat sertifikat tanah yang dipergunakan untuk rel kereta api juga diserahkan kepada Balai Teknik Perkereta Apian Jawa Timur dalam kesempatan kali ini. BPN juga menerbitkan sertifikat tanah yang dipergunakan untuk jalan nasional sebanyak 3 bidang yang diserahkan kepada Balai Besar Jalan Nasional 8 Surabaya. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *