DPRD Sidoarjo Alokasikan Rp 100 Juta Per Kecamatan untuk Atasi Sampah

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – DPRD Kabupaten Sidoarjo mencanangkan keterlibatan peran masing-masing kecamatan di Sidoarjo untuk turut serta mengatasi permasalahan sampah. Bahkan, legislatif sudah mengalokasikan anggaran Rp 100 juta untuk setiap kecamatan yang akan direalisasikan pada 2019 mendatang.

Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Abdillah Nasikh mengungkapkan usulan itu disampaikan pada rapat pembahasan Program Pembentukan Perda (Propemperda) 2019 tentang pengelolaan dan pelayanan sampah.

“Perdanya sudah ada pada 2012 tentang retribusi sampah. Hanya saja saat ini, rekan-rekan di legislatif mencoba untuk membagi kewenangan dalam mengatasi masalah sampah di masing-masing kecamatan,” jelas Abdillah Nasikh, Jumat (14/12/2018).

Diakui, permasalahan sampah yang ada di darat maupun di sungai sampai saat ini masih belum bisa terkelola dengan baik. Banyak hal yang melatarbelakangi permasalahan sampah belum teratasi. Salah satunya, kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

“Mindsetnya masih seperti itu, perdanya masih kurang, dan juga keterbatasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada. Dan ditambah over load, sehingga dibutuhkan peran masing-masing kecamatan untuk turut mengawasi, mengelola dan mengatasi permasalahan sampah,” jelasnya.

Kabupaten Sidoarjo memiliki 332 desa yang terbagi di 18 kecamatan. Sementara Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang dimilki hanya enam yang terbagi di beberapa kecamatan di antaranya, Kecamatan Waru, Taman, Porong, Krian, Buduran dan Kota Sidoarjo. Sedangkan TPA yang dimiliki hanya terletak di kawasan Jabon.

“Kemarin kita sudah mengalokasikan anggaran Rp 100 juta per kecamatan di Sidoarjo, totalnya kurang lebih Rp 1,8 miliar dan akan direalisasikan pada 2019 nanti,” tambahnya.

Menurutnya, ada beberapa poin yang diusulkan terkait penanggulangan sampah di Sidoarjo. Di antaranya, memberikan kesempatan masing-masing kecamatan untuk sama-sama menanggulangi persoalan sampah baik dengan menjalankan program yang sudah dijalankan dinas terkait, hingga memberikan pemahaman terhadap masyarakat.

Kedua, mendorong desa se-Sidoajro membuat Perdes tentang sampah. Dengan begitu, masyarakat akan lebih berhati-hati jika akan membuang sampah secara sembarangan.

Ketiga, menggencarkan program zero waste yang dimulai dari masing-masing kampung. Zero waste yang sudah dicanangkan sejak dua tahun terakhir ini diharapkan bisa menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan kampungnya sendiri. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *