Gudang Barang Bekas di Candi Sidoarjo Terbakar

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Gudang barang bekas di Desa Gelam Kecamatan Candi Sidoarjo ludes terbakar, Rabu (10/10/2018) sore. Api menghabiskan bangunan semi permanen milik Sutiah (60) serta mengakibatkan kerugian materi jutaan rupiah.

Gudang berisi barang rongsokan ini tepat berada di Jalan Raya Gelam Candi Sidoarjo. Bangunan semi permanen 10 x 60 meter ini habis terbakar hingga tidak menyisakan bekas.

Api pertama kali diketahui dari bagian belakang gudang yang biasa digunakan pemilik untuk membakar barang rongsokan yang tidak laku dijual. Karena berisi kardus dan barang bekas lainnya, api dengan cepat membesar hingga menghabiskan seluruh isi gudang.

M.Muslik, Kepala Desa Gelam mengatakan, api sangat cepat membesar, karena yang terbakar barang bekas ditambah angin berembus sangat kencang. “Saya datang api sudah besar. Tidak ada barang yang bisa diselamatkan dari gudang ini,” kata Muslik.

Keberadaan gudang rongsokan ini sempat dikeluhkan dua pabrik yang tepat berada di sisi kanan dan kirinya. Bahkan, pihak desa pernah menegur untuk tidak menggunakan lahan tersebut menjadi gudang barang rongsokan. “Pemilik pernah kita tegur, karena wilayah Gelam ini menjadi titik pantau lalu lintas, tapi pemilik gudang bersikeras dengan alasan sudah diberi ijin pemilik lahan,” paparnya.

Kendati tepat berada di Jalan Raya Candi, Petugas Pemadam Kebakaran sempat kesulitan memadamkan api karena banyaknya penonton dan letak gudang yang tepat berada di tengah-tengah dua pabrik. 6 Mobil Pemadam Kebakaran dari PT.ECCO dan Pemkab Sidoarjo dikerahkan untuk memadamkan api.

Akibat kebakaran ini lalu lintas dari arah Surabaya ataupun ke arah Sidoarjo sempat mengalami kemacetan panjang. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB. Meski tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini pemilik gudang diperkirakan mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *