Liga Champions
Gonzalo Higuain Borong Gol, Buffon Tak Kebobolan Selama 621 Menit, Juventus Peluang ke Final

MONACO, SURYAKABAR.com – Juventus membuka peluang lolos ke final Liga Champions, setelah di leg pertama semifinal menang 2-0 (1-0) atas tuan rumah AS Monaco di Stade Louis II, Monaco, Kamis (4/5/2017) dinihari WIB.

Tampil di hadapan sekitar 17.000 penonton yang menyaksikan langsung pertandingan di Stade Louis II, Juventus sebetulnya lebih banyak ditekan. Penampilan cemerlang kiper Gianluigi Buffon menyelamatkan gawang Juventus tidak kebobolan.

Dua gol kemenangan Juventus diborong Gonzalo Higuain menit 29 dan 59 yang sama-sama memanfaatkan umpan Dani Alves.

Gol pertama Juventus tercipta begitu indah. Berawal dari serangan balik, Dani Alves yang ikut membantu menyerang memberikan umpan tarik dengan tumit ke Gonzalo Higuain yang berada di dalam kotak penalti. Pemain Timnas Argentina itu menyambut umpan Alves lewat tendangan keras menjebol gawang AS Monaco yang dikawal Danijel Subasic.

Lahirnya gol kedua Juventus juga berawal dari aksi Dani Alves yang menyerbu ke sektor kiri pertahanan Monaco. Mantan pemain Barcelona ini melepas umpan lambung ke mulut gawang Monaco. Higuain menyambut bola dengan sodokan kaki kiri sambil menjatuhkan badan. Penjaga gawang Subasic gagal menghentikan bola dan lahirlah gol kedua Juventus.

Usai lahirnya gol kedua, Monaco terus menekan pertahanan Juventus. Beberapa peluang didapat melalui Kylian Mbappe Lottin, Radamel Falcao termasuk sundulan Valere Germain menit 90 yang mampu ditepis Buffon dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Penampilan cemerlang Buffon ini melanjutkan sukses di laga-laga sebelumnya. Dalam enam pertandingan terakhir Liga Champions gawang Buffon tidak kebobolan.

Terakhir kali jala Juventus bergetar saat dijebol Nicolas Pareja, pemain Sevilla, dalam pertandingan penyisihan grup, 23 November 2016, menit kesembilan.

Setelah itu Juventus tidak pernah lagi kebobolan. Enam laga terakhir Juventus dilalui tanpa kebobolan yakni melawan Dinamo Zagreb, FC Porto (babak 16 besar, 2 kali), Barcelona (perempat final, 2 kali), dan leg pertama semifinal melwan AS Monaco. Dengan demikian gawang Buffon sudah tidak kebobolan dalam 621 menit.

Seiring kemenangan 2-0 ini membuat beban Juventus di leg kedua semifinal di kandang sendiri, 10 Mei 2017 bakal ringan. Jika kalah dengan selisih satu gol pun, Juventus yang akan lolos ke final.

Terakhir Juventus tampil di final pada 2015. Waktu itu Juventus kalah 1-3 dari Barcelona. Sejauh ini Juventus baru dua kali merebut juara yakni 1985 dan 1996. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *