Liga Inggris
Kartu Merah Warnai Derby Manchester, Ini Skornya

MANCHESTER, SURYAKABAR.com – Tuan rumah Manchester City gagal mengamankan poin penuh saat menjamu Manchester United (MU) pada derby Manchester di pekan 33 Premier League Inggris. Ini setelah pada laga yang digelar di Etihad Stadium, Jumat (28/4/2017) dinihari WIB pertandingan berakhir, 0-0.

Hasil imbang ini menjadi kerugian besar bagi Manchester City yang terus mengurung pertahanan MU sepanjang pertandingan. Apalagi mereka unggul jumlah pemain mulai menit 84, menyusul kartu merah langsung yang didapat Marouane Felliaini.

Berkat cemerlangnya penampilan kiper MU, David De Gea dan rapatnya pertahanan tim asuhan Jose Mourinho itu membuat pemain Manchester City tidak mampu mencetak gol.

Kendati laga derby, awalnya pertandingan adem-ayem. Tempo pertandingan menjadi panas menjelang laga berakhir. Ini menyusul lahirnya kartu kuning untuk pemain tengah MU Marouane Fellaini yang mengganjal Sergio Aguero menit 83.

Berselang satu menit, pemain asal Belgia itu kembali melanggar Aguero. Pelanggaran kali kedua ini membuat Aguero berang. Fellaini pun meladeni. Keduanya terlibat cek cok.

Puncaknya, ketika keduanya berhadap-hadapan dalam jarak dekat, Fellaini yang postur tubuhnya lebih tinggi dari Aguero menanduk kening pemain asal Argentina itu. Aguero berguling-guling di lapangan. Posisi wasit Martin Atkinson yang berdiri tidak jauh langsung mengganjar Fellaini dengan kartu merah.

Tensi panas terus berlangsung. Dalam upaya menggempur pertahanan MU, Gabriel Jesus melakukan pelanggaran terhadap Marcus Rashford yang berbuah kartu kuning.

Tekanan Manchester City kian meningkat di injury time. Usaha tim asuhan Pep Guardiola untuk menjebol gawang MU membuahkan hasil menit pertama injury time. Tandukan Gabriel Jesus memanfaatkan umpan tarik Aguero gagal dibendung kiper De Gea. Namun gol itu dianulir wasit, karena Gabriel Jesus sudah berada dalam posisi off side.

Tampil tidak diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Marcos Rojo, Juan Mata, Chris Smalling dan Phil Jones karena cedera, MU kalah jauh dalam penguasaan bola. Ball possession Manchester City 69 persen berbanding 31 persen milik MU. Bahkan MU hanya mampu mencetak satu kali shots on target dan satu kali shots off target. Sebaliknya, Manchester City mampu melepas enam kali shots on target dan 12 shots off target.

Ironisnya, kendati tidak bekerja keras, kiper Manchester City, Claudio Bravo malah cedera. Ini terjadi ketika mantan kiper Barcelona itu melompat menyambut bola lambung tendangan penjuru. Ketika turun, nampaknya tumpuannya kurang tepat. Bravo sempat mengerang sambil memijit-mijit kaki kirinya, sebelum diganti Wilfredo Caballero menit 79.

Buntut hasil imbang ini Manchester City tetap di posisi keempat mengumpulkan 65 poin dan MU menempel ketat di posisi kelima mengoleksi 64 poin dengan menyisakan lima pertandingan. Sebetulnya, jika Manchester City menang, posisinya bisa naik ke peringkat ketiga menggusur Liverpool yang mengantongi 66 poin.

Bagi MU sukses meraih hasil imbang ini memperpanjang rekor tidak terkalahkan di Premier League musim ini. Tim asuhan Jose Mourinho itu dalam 24 laga terakhir di Premier League tidak tersentuh kekalahan. Terakhir kali MU menelan kekalahan musim ini di Premier League saat dijamu Chelsea di Stamford Bridge, 23 Oktober 2016. Waktu itu MU dihajar Chelsea, 0-4. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *