Pencari Kerja di Sidoarjo Serbu 2.000 Lowongan Pekerjaan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemkab Sidoarjo kembali menyelenggarakan Job Market Fair tahun ini. Sekitar 2.000 lowongan pekerjaan disediakan 58 perusahaan.

Tercatat 2.500 orang telah mengambil formulir pendaftaran lowongan pekerjaan yang disediakan. Job Market Fair ini gratis dan dibuka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum di lapangan Tenis Indoor GOR Sidoarjo, Selasa, (16/10/2018).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkomitmen menumbuhkembangkan pembangunan ketenagakerjaan di Sidoarjo. Hal tersebut tertuang dalam misi kedua pada RPJMD 2016 sampai 2021.

Ia katakan tingkat pengangguran di Kabupaten Sidoarjo tidak menentu. Naik turun. Pada 2018 mengalami penurunan. Tercatat pada 2015 ada 68. 311 pengangguran. Tahun ini menurun menjadi 53.473 orang.

H. Saiful Ilah menyampaikan penurunan pengangguran sebesar 15.836 orang tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen pemerintah daerah dan dunia usaha serta masyarakat. Untuk itu ia berharap semua pihak mendukung komitmen tersebut. Hal tersebut penting agar kedepan tingkat pengangguran terus berkurang.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengusaha, lembaga penempatan tenaga kerja, lembaga pendidikan, lembaga pelatihan, asosiasi pengusaha, organisasi pekerja, maupun instansi terkait serta para pencari kerja dan semua yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bursa kerja terbuka ini,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo Arif Makin SH mengatakan, Job Market Fair diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada para pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja. Pencari kerja difasilitasi Pemkab Sidoarjo untuk bertemu langsung dengan perusahaan pencari kerja.

“Acara ini diikuti sekitar 58 perusahaan dengan lowongan kerja yang tersedia sebanyak 2.158 lowongan kerja,” ujarnya.

Ia katakan Job Market Fair atau bursa kerja terbuka tahun ini diselenggarakan dua kali, Mei 2018 dan Oktober 2018. Tahun ini lebih kurang 2.500 pencari kerja mengikuti Job Market Fair.

“Kegiatan bursa kerja terbuka ini untuk 2018 dilaksanakan dua kali, pertama pada Mei,” ucapnya.

Arif juga menyampaikan pada Job Market Fair kali ini diselenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi 112 JP (Mobile Training Unit) oleh UPT-PK (Pelatihan Kerja)/Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya.

Ada 140 orang peserta yang mengikuti pelatihan. “Pelatihan Berbasis Kompetensi ini dibiayai DPA Disnakertrans Propinsi Jawa Timur,” ujarnya. (wob)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *