Panitia Disiplin Piala Soeratin Diskualifikasi Persiter U-17, Ini Penyebabnya

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Nilai-nilai kejujuran dan sportivitas menjadi landasan utama PSSI dalam menggelar kompetisi Pertamina Piala Soeratin 2017. Hal ini penting untuk membangun serta menjaga kualitas dan integritas kompetisi yang melibatkan pemain-pemain usia muda 15 dan 17 tahun.

Salah satu cara untuk menjaga nilai-nilai kejujuran dan sportivitas itu adalah penegakan aturan kompetisi. Hal ini dibuktikan dengan ketegasan Panitia Disiplin yang memutuskan, menghukum diskualifikasi untuk tim Persiter Ternate U-17 yang terbukti memainkan pemain tidak sah dalam pertandingan semifinal Pertamina Piala Soeratin melawan Persita Tangerang, Rabu (25/10/2017) sore.

“Kami ingin membangun kompetisi yang mengedepankan respek, disiplin dan fair play. Langkah ini harus dimulai dari kompetisi yang melibatkan pemain usia muda. Inilah kesempatan bagi kita untuk membangun karakter pemain. Dan inilah yang disebut langkah revolusi mental yang selama ini digaungkan Presiden Joko Widodo,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Ditambahkan, pasca sanksi banned (pelarangan tampil di event Internasional) dari FIFA, PSSI ingin berbenah dan bertekad menjadi organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia yang menjunjung tinggi fair play. Berbagai terobosan sedang dan sudah diupayakan.

Untuk kompetisi Pertamina Piala Soeratin, misalnya, untuk meminimalisir kecurangan pemeriksaan data peserta dilakukan secara ketat. Inovasi pun dilakukan dengan registrasi daring (online registration) dengan sinkronisasi nomor induk siswa nasional. Bukan hanya para peserta, perangkat pertandingan pun mendapatkan perlakuan sama.

Upaya PSSI ini tentu membutuhkan dukungan banyak pihak, termasuk klub. “Kami juga ingin memastikan, babak Final Pertamina Piala Soeratin yang akan berlangsung, Sabtu (28/10/2017) adalah pertemuan dari dua tim dengan kualitas terbaik yang mengedepankan fair play,” kata Tisha.

Dengan hukuman diskualifikasi Persiter Ternate, maka partai final U-17 akan mempertemukan Persita Tangerang melawan tim Penajam Utama asal Kalimantan Timur di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (28/10/2017). Pertandingan akan digelar pukul 18.30 WIB dan ditayangkan langsung di stasiun televisi iNews. Sebelum final U-17 didahului laga final usia di bawah 15 tahun yang pertemukan Sumatera Utara melawan Jawa Barat pada pukul 15.00 WIB di tempat yang sama. (mer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *