Liga Europa
Manchester United Gagal Bawa Kemenangan dari Kandang Anderlecht

BRUSSEL, SURYAKABAR.com – Manchester United gagal meraih kemenangan pada leg pertama perempat final Liga Europa, menyusul hasil imbang 1-1 melawan tuan rumah Anderlecht di Stadion Constant Vanden Stock, Jumat (14/4/2017) dinihari WIB.

Hasil imbang ini membuat Manchester United harus kerja keras di leg kedua di kandang sendiri, 21 April 2017. Minimal Manchester United harus memetik hasil imbang 0-0 untuk memastikan lolos ke semifinal.

Tampil sebagai tamu di leg pertama, Manchester United di babak pertama lebih banyak mengepung lini pertahanan Anderlecht. Peran Michael Carrick, Jesse Lingard dan Paul Pogba menggalang lini tengah menyulitkan pemain Anderlecht mengembangkan permainan.

BERITA TERKAIT:

Serbuan Antonio Valencia dalam membantu serangan dari sisi kanan beberapa kali menciptakan peluang di mulut gawang Anderlecht.

Tim asuhan Jose Mourinho memiliki peluang emas menit 17, menyusul umpan tarik dari sisi kiri yang dilepas Marcus Rashford. Bola menusuk ke mulut gawang Anderlecht. Zlatan Ibrahimovic dalam posisi dikawal ketat Ivan Obradovic berhasil mencocor bola dan mengenai kiper Anderlecht Ruben. Bola liar di mulut gawang diserobot Jesse Lingard namun bola mengenai tiang kiri Anderlecht.

Serangan Setan Merah Manchester United akhirnya membuahkan gol menit 37 lewat Henrik Mkhitaryan. Berawal umpan tarik Valencia di sisi kanan pertahanan Anderlecht, bola disambut tendangan first time Marcus Rashford. Bola berhasil ditepis Ruben dan bergulir ke sisi kanan gawang. Henrik Mkhitaryan yang berada dalam posisi bebas dengan cepat menyambar bola liar di sudut sempit untuk menjebol gawang Anderlecht.

Mengawali babak kedua, Anderlecht mengambil inisiatif menyerang. Mereka memanfaatkan ruang kosong sisi kanan pertahanan Manchester United yang sering ditinggalkan Valencia membantu penyerangan. Namun, serangan tim asuhan Rene Weler ini tidak mampu mengoyahkan solidnya pertahanan Manchester United.

Lima menit babak kedua berjalan, Manchester United berhasil keluar dari tekanan. Kendali permainan kembali diambil Michael Carrick dkk. Manchester United nyaris menggandakan keunggulan menit 55.

Diawali umpan panjang Paul Pogba ke Matteo Darmian di sisi kanan pertahanan Anderlecht. Darmian melepas umpan tarik dan disambut tendangan first time Mkhitaryan, namun bola tipis mengarah ke sisi kiri gawang Anderlecht.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho menit 75 menarik Marcus Rashford dan memasukkan Marouane Fellaini. Peran Fellaini tidak banyak memberi pembeda. Bahkan setiap kali Fellaini mendapat bola, selalu disoraki penonton. Maklum, Fellaini merupakan pemain asal Belgia, sedang Anderlecht juga tim dari Belgia.

Aliran serangan Manchester United nyaris membuahkan gol. Umpan terobosan Ibrahimovic menit 83 ke Paul Pogba yang sudah berada di dalam kotak penalti, tendangannya mengenai paha kanan kiper Ruben dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Berselang dua menit, petaka akhirnya datang untuk Manchester United. Lewat serangan balik cepat lagi-lagi memanfaatkan ruang kosong di sisi kanan pertahanan Manchester United yang ditinggalkan Valencia membantu menyerang, Ivan Obradovic dengan kaki kiri melepas umpan tarik ke mulut gawang Manchester United. Leander Dendoncker sambil terbang menyambut bola dengan tandukan. Bola melaju keras gagal dibendung kiper Sergio Romero. Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga bubaran. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *