Smaradja Cup III 2024
Basket SMP Raudlatul Jannah Waru Kalahkan SMPN 3 Sidoarjo di Turnamen Smaradja Cup III 2024

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tim basket putra SMPN 3 Sidoarjo mendapat pelajaran berharga saat tampil di turnamen Smaradja Cup III 2024. Ini setelah pada pertandingan babak 16 Besar, SMPN 3 Sidoarjo menelan kekalahan 0-12 dari tuan rumah SMP Raudlatul Jannah di Lapangan SMP Raudlatul Jannah Sidoarjo, Senin (21/10/2024).

Pertandingan menggunakan waktu dua babak. Masing-masing babak berdurasi 20 menit. Pada babak pertama, SMPN 3 Sidoarjo ketinggalan 0-8.

Di babak kedua, tim asuhan Abdul Gofur lebih banyak menekan, sebaliknya SMP Raudlatul Jannah memilih merapatkan pertahanan dan melakukan counter attack.

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Ini Beragam Kegiatannya

Beberapa kali SMPN 3 Sidoarjo memiliki peluang untuk mencetak poin, namun finishing kurang akurat, sehingga gagal mencetak poin.

Counter attack SMP Raudlatul Jannah di babak kedua berhasil menambah empat poin, sehingga tim asuhan Fajar Gumilang ini menutup pertandingan dengan kemenangan 12-0.

Baca Juga:  SMPN 1 Sidoarjo Juara Piala Surya Kabar 2024 Regional Sidoarjo

Pelatih SMPN 3 Sidoarjo, Abdul Gofur menyebut laga ini merupakan debutnya di tim basket SMPN 3 Sidoarjo, setelah dia bergabung di tim ini sekitar dua bulan lalu.

“Ini debut saya bersama anak-anak SMPN 3 Sidoarjo untuk mengikuti turnamen. Saya baru bergabung dua bulan lalu. Turnamen ini memang kami targetkan untuk menambah pengalaman tanding,” ujar Abdul Gofur menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Disinggung permainan tim asuhannya pada laga ini, Gofur, panggilan Abdul Gofur menyebut masih demam lapangan.

“Selain cuaca panas, karena main di siang hari, anak-anak banyak yang nge-blank dan demam lapangang. Mungkin anak-anak juga belum terbiasa dengan kebiasaan saya juga yang masih baru bersama mereka,” paparnya.

Baca Juga:  Pjs. Bupati Sidoarjo Isa Anshori Tinjau Latihan Tim Sepak Bola GSI Jatim di Stadion Jenggolo

Sementara itu Pelatih SMP Raudlatul Jannah, Fajar Gumilang mengaku bersyukur tim asuhannya memetik kemenangan di pertandingan pertama.

“Pertandingan tadi tentunya menambah pengalaman untuk anak-anak. Terkait sukses di pertandingan tadi, tidak lepas dari persiapan anak-anak, ada yang ikut klub di Surabaya juga dari pihak sekolah memberikan sarana dan prasarana tambahan untuk latihan,” ucap Fajar Gumilang.

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar ke-9 di Sidoarjo Hadir di SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida, SMPIT Insan Kamil, dan SMK Telkom Sidoarjo

Evaluasi yang dilakukan Fajar Gumilang terhadap timnya masih terlalu terburu-buru dan antusias, akhirnya ketika mendapat kesempatan untuk ofense malah terkendala di passing.

“Mungkin ini game nya anak SMP ya, mereka terlalu terburu-buru. Itu sebabnya, ketika mendapat peluang, kadang malah terbuang,” paparnya.

Turnamen Smaradja Cup III 2024 selain menandingkan cabang olahraga basket juga futsal antar SMP. Cabor basket diikuti 20 tim sedang futsal diikuti 23 tim. (es)