PENS dan Kadin Nigeria Tandatangani MoU di Trade Expo Indonesia 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Produk inovasi dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menarik perhatian pasar internasional dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2024.

Bahkan, Goldmine Global Services LTD, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) asal Nigeria, tertarik bekerja sama dan melakukan penandatanganan dalam MoU Signing TEI 2024 di Hall Nusantara ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (11/10/2024).

MoU tersebut mencakup kerja sama dalam pengembangan dan pemasaran produk yang dirancang PENS agar dapat dipasarkan di Nigeria.

Sebagai informasi, kedua produk unggulan PENS merupakan hasil riset dari CReATE (Center for Research and Innovation on Transportation Electrification). PENS mendirikan CReATE untuk mendukung program elektrifikasi transportasi pemerintah melalui riset dan inovasi.

Baca Juga:  Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi Deteksi Tanda Vital Non-Kontak Sinar Inframerah

CEO Goldmine Global Services LTD, Ishmael Adegorioye Balogun mengatakan, pihaknya tertarik dengan teknologi ramah lingkungan yang ditawarkan produk CReATE PENS.

Menurutnya, sebagai industri yang bergerak di bidang perdagangan internasional berbagai sektor, ia menginginkan produk sport bike dan ATV ala PENS bisa dijual di negaranya. Hal tersebut sejalan dengan misi dari perusahaannya untuk mengembangkan transportasi nol emisi.

“Teknologi dari Politeknik di Indonesia tidak kalah bagus, kami ingin jadi satu-satunya dealer resmi produk CReATE di Nigeria,” ujar Ishmael, yang juga perwakilan Kadin Nigeria.

Baca Juga:  Iwan Setiawan Modifikator Sidoarjo, Sulap Mobil Bekas Jadi Jeep Klasik dan Mobil Kuno

CReATE PENS berfokus pada inovasi rekayasa kendaraan listrik, termasuk pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, dan prototipe. CReATE juga berperan dalam transfer teknologi pada industri kendaraan listrik dan sektor transportasi.

Baik motor ATV maupun sportbike CReATE PENS dirancang untuk mengurangi polusi emisi karbon. Selain itu, kedua produk ini juga menghadirkan transportasi yang efisien dan ramah lingkungan guna mendukung percepatan transisi menuju transportasi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Baca Juga:  Dua Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Masuk Top 2 Persen Peneliti Dunia

Direktur PENS Aliridho Barakbah mengapresiasi capaian PENS pada giat TEI 2024. Menurutnya, dengan ditandatanganinya MoU dengan Nigeria, membuka kesempatan besar bagi PENS untuk merambah Kawasan Afrika, dan bisa menaikkan level PENS di kancah internasional.

“Semangat inovasi ini tentunya harus ditularkan juga kepada seluruh sivitas akademika. Semoga ke depan akan makin banyak karya inovasi maupun pengembangan teknologi yang lahir dari laboratorium maupun ruang-ruang workshop yang ada di PENS,” ungkapnya.

Pada TEI 2024, CReATE PENS juga menerima undangan untuk bergabung pada pameran teknologi EV maupun transportasi listrik yang akan digelar di Malaysia, Filipina, dan Saudi Arabia. (aci)