PON 2024 Aceh Sumut
Atlet Mahasiswa Unesa Sumbang 123 Medali PON XXI untuk Kontingen Jatim

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyiapkan reward berupa beasiswa pembinaan, serta membebaskan tugas akhir atau skripsi bagi para atlet mahasiswa berprestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Pada PON XXI, atlet mahasiswa Unesa menyumbang 123 medali dari total 425 perolehan medali bagi Kontingen Jawa Timur. Rinciannya, 36 emas, 47 perak, dan 40 perunggu di 31 cabang olahraga (Cabor).

“Atlet atau mahasiswa Unesa turut mengantarkan Kontingen Jawa Timur menduduki posisi tiga besar klasemen PON XXI 2024 Aceh-Sumut yang berakhir Jumat, 20 September 2024,” ujar Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa, Dwi Cahyo Kartiko, Minggu (22/9/2024).

Baca Juga:  43 Mahasiswa Masase Unesa Jadi Tim Terapi Fisik PON 2024

Dwi Cahyo menjelaskan, atlet mahasiswa Unesa yang diturunkan berasal dari berbagai fakultas, yaitu mayoritas dari FIKK, kemudian dari Fakultas Vokasi, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), hingga Program Profesi Guru (PPG).

“Setelah kami petakan, atlet mahasiswa Unesa memboyong medali pada 31 cabor. Medali terbanyak diboyong Unesa, yaitu pada cabor renang dengan total 24 medali. Kemudian, cabor petanque, triathlon, judo, hingga panjat tebing,” jelasnya.

Baca Juga:  Voli Putri Jatim Raih Emas PON 2024, setelah Kalahkan Jabar, Peran Megawati Cukup Besar

Rektor Unesa, Nurhasan mengatakan, taburan medali yang disumbang untuk Jawa Timur tersebut menjadi salah satu bukti yang memperkuat keunggulan Unesa di bidang olahraga.

Menurutnya, kontribusi Unesa dalam meningkatkan prestasi olahraga di Jawa Timur merupakan bagian dari ikhtiar besar Unesa memajukan olahraga Tanah Air.

Baca Juga:  Panjat Tebing Jatim Juara Umum PON 2024, Raih Tujuh Emas Lima Perak dan Dua Perunggu

“Para atlet atau mahasiswa Unesa diharapkan bisa memperkuat kontingen Indonesia dalam berbagai kompetisi olahraga tingkat dunia, termasuk Olimpiade. Selain itu, saya berharap salah satu penyumbang medali Indonesia pada Olimpiade ke depan datang dari atlet Unesa,” harapnya.

Agar tradisi juara dipertahankan dan para atlet semakin termotivasi, Unesa menyiapkan reward untuk para atlet berprestasi di PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Salah satunya, berupa beasiswa pembinaan, dan yang terpenting, bagi mahasiswa yang meraih medali emas dapat dikonversi menjadi nilai tugas akhir.

“Atlet yang mendapat medali emas PON tidak perlu membuat skema tugas akhir berupa skripsi sebagaimana pada umumnya. Namun, dalam bentuk laporan atau profiling pengalaman, proses latihan, dan strategi mereka sampai meraih medali,” pungkasnya. (aci)