Siswa SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya Salurkan Bantuan ke Penjaga Masjid Lewat Program Raseda

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Siswa SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma) memiliki cara tersendiri untuk berbagi kepada sesama. Salah satunya, dengan memberikan bantuan kepada penjaga masjid, baik marbot maupun takmir masjid yang ada di sekitar sekolah.

Dana yang dikumpulkan tersebut berasal dari uang jajan para siswa yang disisihkan khusus untuk program Rabu Sedekah Dua Ribu atau Raseda yang digagas pihak sekolah.

Kepala Urusan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (Kaur Ismuba) Spemma, Syafi’ur Rahman ST mengatakan, Peduli Marbot Masjid ini merupakan rangkaian dari kegiatan Competition of Smart Muslim Generation (COSMIG) 2024 dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.

“Kegiatan ini diikuti seluruh siswa Spemma dari kelas VII sampai IX sebanyak 687 siswa. Ini COSMIG tahun kedua digelar. COSMIG ini ada 8 jenis lomba, antara lain tahfizh, tartil, azan, solo vokal, poster islami, story telling, sirah sahabat, dan cerdas cermat,” ujar Syafi’, Jumat (20/9/2024).

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Kegiatannya

Syafi’ menjelaskan, ada sembilan marbot dan takmir masjid di sekitar sekolah yang menerima bantuan Raseda berupa uang tunai dan makanan kecil dari para siswa ini.

“Santunan ini dalam rangka mengapresiasi karena tidak semua orang mau dan mampu merawat dan membersihkan masjid, sekaligus menyambut orang-orang yang salat di masjid, serta menyambut tamu Allah di masjid,” jelasnya.

Menurut Syafi’, dana Raseda dari para siswa yang terkumpul setiap hari Rabu ini, dikumpulkan setiap 3-4 bulan sekali sebelum didistribusikan kepada warga yang berhak menerima. Semua yang menggagas dan mengurus adalah para siswa yang tergabung dalam Remaja Masjid Spemma sebanyak 56 siswa.

Baca Juga:  Catat Tanggalnya, Teatrikal Refleksi Perobekan Bendera, Wali Kota Eri Cahyadi Perankan Tokoh Penting

Tahun lalu, dana Raseda diserahkan kepada pejuang veteran, pengemudi ojek online, dan tukang becak. Bahkan, dana Raseda juga sempat digunakan untuk mencetak Alquran dan diserahkan ke sejumlah masjid di sekitar sekolah.

“Satu masjid ada yang menerima 50 buah Alquran, itu semua siswa yang membagi. Dana Raseda tiap hari Rabu biasanya terkumpul 900 ribu sampai 1 juta, dan bisa 3 sampai 4 juta per bulan jika tidak kepotong libur atau ujian kalau tiap hari Rabu,” terangnya.

Baca Juga:  Pertamina Gelar Workshop Bisnis di Universitas Gadjah Mada

Mat Solihin, salah satu Takmir Masjid An-Nur Manyar Surabaya mengapresiasi kepedulian siswa Spemma kepada penjaga masjid, baik marbot maupun takmir masjid atau musala.

“Ini adalah momen yang bagus sekaligus melatih anak-anak untuk peduli dan beramal, serta dalam rangka memotivasi anak-anak untuk bisa beramal dan juga bekal untuk selanjutnya,” ungkapnya.

Mat Solihin juga mengakui, tiap Jumat, ada perwakilan satu kelas dari Spemma yang mengikuti salat Jumat di masjidnya secara bergantian.

“Siswa Spemma juga ada yang mengisi azan di masjid, ada yang ikut da’i, dan ada juga yang belajar untuk berkhotbah di masjid dekat sekolah ini,” pungkasnya. (aci)