ASEAN U-19 Boys Championship 2024
Timnas Indonesia U-19 Lolos Semifinal Kalahkan Timor Leste U-19, Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Grup A, Semifinal Lawan Malaysia atau Thailand

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-19 menutup babak penyisihan Grup A ASEAN U-19 Boys Championship 2024 dengan happy ending. Tim asuhan Indra Sjafri ini meraih kemenangan 6-2 atas Timor Leste di di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam.

Seiring kemenangan ini, skuad Garuda Muda tampil sebagai juara Grup A dan memastikan lolos ke semifinal, Sabtu (27/7/2024) menghadapi runner up Grup C antara Malaysia atau Thailand. Kedua tim ini masih akan bertemu untuk berebut juara Grup C, Kamis (25/7/2024).

Indonesia berhasil sapu bersih kemenangan di tiga laga. Dua laga sebelumnya Indonesia menang 6-0 atas Filipina dan 2-0 atas Kamboja.

Tampil di laga pamungkas babak penyisihan, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri melakukan perubahan taktik dan rotasi sebagian pemain.

Pada dua laga sebelumnya Indra Sjafri memainkan skema 3-4-3, kali ini Indra Sjafri memainkan skema 3-5-2. Lini depan yang biasanya diisi Arkhan Kaka, Arlyansyah Abdulmanan dan Dony Tri Pamungkas, kali ini diisi duet Jens Raven dan Muhammad Ragil. Dua pemain ini biasanya diturunkan di babak kedua.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Buru Kemenangan Lawan Timor Leste U-19 di Laga Terakhir Grup A ASEAN U-19 Boys Championship

Arkhan Kaka baru diturunkan di babak kedua, sedang Arlyansyah Abdulmanan dan Dony Tri Pamungkas diistirahatkan total.

Mengawali pertandingan Indonesia langsung menekan. Gelombang serangan Indonesia memaksa Timor Leste bertahan dan hanya mengandalkan counter attack.

Gol pembuka kemenangan Indonesia lahir menit 18. Berawal dari sepak pojok yang dilepas Muhammad Kafiatur, bola lambung di mulut gawang Timor Leste disundul Kadek Arel Priyatna, namun tidak kena.

Jens Raven yang berdiri di belakang Kadek Arel langsung meneruskan bola yang mengarah ke kakinya untuk menjebol gawang Timor Leste.

Usai lahirnya gol pembuka ini, tekanan Indonesia tetap kencang. Timor Leste berhasil mematahkan serangan Indonesia dan melakukan counter attack.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Kamboja, Peluang Lolos ke Semifinal Terbuka Lebar, Ini Klasemennya

Tusukan Alexandro Bahkito dari sisi kiri pertahanan Indonesia hingga masuk ke kotak penalti membuat Felix Kamuru melakukan pelanggaran.

Tak pelak wasit Choi Hyun-jai dari Korea Selatan menghukum Indonesia dengan tendangan penalti. Ricardo Bianco yang dipercaya menjadi eksekutor penalti berhasil menjebol gawang Indonesia yang dikawal Ikram Algiffari menit 23 sekaligus mengubah skor menjadi imbang 1-1.

Tersentak gol penyama ini, Indonesia kembali menekan pertahanan Timor Leste. Berselang tiga menit Raven mencetak gol keduanya di laga ini memaksimakan umpan matang yang dilepas Muhammad Kafiatur.

Memasuki injury time babak pertama, Indonesia menambah gol untuk menjadikan skor 3-1. Gol ini berawal tendangan kaki kiri Figo Dennis dari jarak jauh. Bola mengenai mistar gawang, kemudian memantul mengenai tubuh kiper Alexandre Quintao dan memantul masuk ke gawang Timor Leste.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol Kalahkan Filipina U-19 6-0 di ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Ini Klasemennya

Di babak kedua, Indonesia mencetak tiga gol beruntun. Sundulan pemain belakang Kadek Arel meneruskan bola lambung tendangan penjuru Kafiatur menit 51 menjadikan skor berubah 4-1.

Ini merupakan gol ketiga Kadek Arel di event ini. Pemain asal Bali United itu menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang selalu mencetak gol di tiga laga babak penyisihan.

Arkhan Kaka akhirnya mencetak gol pertamanya di ASEAN U-19 Boys Championship 2024. Gol ini berkat umpan matang dari Raven menit 53. Sebetulnya, Raven berpeluang mencetak gol. Namun, pemain asal klub Liga Belanda FC Dordrecht ini lebih memilih memberikan bola ke Arkhan yang berdiri bebas.

Sementara itu Kafiatur yang sudah memberikan dua assist di laga ini, akhirnya juga ikut menyumbang gol menit 57. Tidak tanggung-tanggung, gol Kafiatur menit 57 itu tercipta cukup indah.

Bola tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti melambung mengarah ke tiang dua dan gagal dibendung kiper Timor Leste. Skor 6-1.

Upaya Timor Leste memperkecil ketinggalan terwujud menit 86. Tendangan Alexandro Bahkito dari dalam kotak penalti bola menyilang mengenai tiang dua dan masuk. Ini menjadi gol terakhir di laga ini, sehingga skor 6-2 untuk kemenangan Indonesia.

Baca Juga:  Ini Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19 di ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Pemain Persija Jakarta Paling Banyak

Buntut kekalahan ini membuat Timor Leste finish di peringkat ketiga mengumpulkan tiga poin. Posisi runner up direbut Kamboja yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas Filipina di Stadion 10 Nopember Surabaya.

Kamboja, Timor Leste dan Filipina sama-sama mengumpulkan tiga poin. Yang membedakan selisih gol. Tiga tim ini semuanya gagal melangkah ke semifinal.

Usai pertandingan Kadek Arel menyebut gol sundulan yang dia cetak berkat umpan matang dari Kafiatur. “Ini berkat kerja keras tim, dimana saya bisa mencetak gol dari heading. Kalau tidak ada Kafiatur saya tentu tidak bisa cetak gol juga,” ujar Kadek.

Menurut Kadek golnya tersebut dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia dan keluarga. “Di pertandingan selanjutnya saya perlu recovery, dimana setelah ini ada recovery dua hari dan saya akan memanfaatkan recovery itu dengan baik agar bisa tampil maksimal di pertandingan semifinal,” paparnya. (es) 

HASIL PERTANDINGAN GRUP A
SELASA, 23 JULI 2024
Indonesia 6-2 Timor Leste
Kamboja 1-0 Filipina

SABTU, 20 JULI 2024
Filipina 2-0 Timor Leste
Kamboja 0-2 Indonesia

RABU, 17 JULI 2024
Timor Leste 3-2 Kamboja
Indonesia 6-0 Filipina

KLASEMEN AKHIR GRUP A

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Indonesia 330014-29
2.Kamboja 31023-53
3.Timor Leste 31025-103
4.Filipina 31022-73

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *