Hadapi Ancaman Siber, Untag Surabaya Siap Perkuat Sistem Keamanan Informasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya siap memperkuat sistem keamanan informasi dan melindungi data di perguruan tinggi serta privasi seluruh sivitas akademika. Hal ini dinilai penting untuk menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks.

Langkah itulah yang akan dilakukan Untag Surabaya usai menghadiri Workshop Rancangan Pengelolaan Sistem Monitoring Keamanan Informasi Perguruan Tinggi yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Aloft South Jakarta Selatan, 21-23 Juli 2024.

Baca Juga:  Industri Otomotif Siap Jajaki Kerja sama dengan Fakultas Teknik Untag Surabaya

Direktur Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, Supangat PhD ITIL COBIT CLA CISA yang mewakili Untag Surabaya mengatakan, pentingnya pertemuan ini dalam upaya mengimplementasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik di sektor pendidikan, yang kini menghadapi tantangan besar dalam menjaga keamanan informasi.

”Kami sangat menyadari betapa pentingnya keamanan informasi dalam era digital ini. Melalui workshop ini, kami berharap dapat memperkuat sistem keamanan informasi di perguruan tinggi dan melindungi data serta privasi seluruh sivitas akademika,” ujar Supangat, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga:  Unesa Kerjasama dengan Askab PSSI Bangkalan Gelar Pelatihan Kondisi Fisik bagi Pelatih Sepak Bola
Baca Juga:  Kuliner, Es Teler Toping Brutal Ala Mahasiswa Umsida

Workshop yang diikuti 44 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia ini menjadi momentum penting bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk bersinergi dalam memperkuat sistem keamanan informasi dan menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks.

“Kolaborasi antara perguruan tinggi sangat krusial untuk membangun sistem keamanan yang lebih solid. Dengan adanya pertukaran informasi dan pengalaman, kita bisa lebih siap menghadapi ancaman siber,” pungkas Supangat. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *