Unesa Siap Terima Camaba Lewat Jalur Mandiri TMUBK 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Para calon mahasiswa baru (Camaba) yang belum diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2024 kini masih mempunyai peluang.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kini membuka pendaftaran jalur Mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) melalui Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) 2024. Gelombang kedua dibuka mulai 13 hingga 23 Juli 2024.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr Sukarmin MPd mengatakan, seleksi jalur ini didasarkan pada hasil tes berbasis komputer. Tes dilaksanakan di Laboratorium Komputer di Rektorat dan Fakultas kedokteran Unesa.

”Jalur ini akan menjadi ajang persaingan yang ketat karena merupakan jalur atau kesempatan terakhir masuk Unesa periode ini. Jalur terakhir ini terbuka untuk semua program studi (Prodi),” ujar Sukarmin, Senin (15/7/2024).

Baca Juga:  Pemain Timnas Indonesia Rachmat Irianto Raih Gelar Sarjana di Unesa

Menurut Sukarmin, pada pendaftar jalur ini harus matang dalam mempersiapkan tes dan tepat dalam memilih prodi agar lolos seleksi. Selain bisa memilih prodi yang sudah ada di berbagai fakultas, juga bisa memilih prodi-prodi baru Unesa.

“Prodi baru ini memiliki peluang cukup besar bagi peserta untuk masuk Unesa,” ungkapnya.

Sukarmin menjelaskan, prodi baru yang bisa dipilih peserta pada jalur Mandiri atau SPMB 2024, yakni prodi S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), prodi D4 Teknologi Rekayasa Otomotif, Fakultas Vokasi, serta Prodi S1 Aktuaria, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

”Kemudian, Prodi S1 Masase, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), prodi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik (FT), Prodi S1 Keperawatan Fakultas Kedokteran (FK), prodi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK), serta prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran (FK),” jelasnya.

Baca Juga:  Program Studi Kedokteran Unair Banyuwangi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Mulai 9 Juli 2024
Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Brawijaya Presentasi Pancasila di Kampus Ternama Jerman

Selain itu, terdapat sejumlah prodi yang berada di Unesa Kampus 5 Magetan, yakni prodi S1 Sastra Inggris, prodi S1 Pendidikan Tata Rias, serta prodi S1 Pendidikan Matematika.

Beberapa prodi yang mendapatkan kuota limpahan dari camaba yang tidak daftar ulang di jalur SNBT maupun jalur Mandiri sebelumnya.

Kuota tersebut ditambahkan pada jalur terakhir ini. Prodi tersebut yakni S1 Musik, S1 Pendidikan Tata Boga, D4 Administrasi Negara, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, serta S1 Pendidikan Tata Boga.

“Prodi-prodi yang disebutkan itu memiliki peluang lolos yang tinggi di Unesa. Saya harapkan, peserta mempersiapkan diri dan semoga jalur terakhir ini membawa adik-adik menjadi keluarga besar Unesa tahun ini,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *