Berita Sidoarjo
Tari Remo Sambut Murid Baru SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo, Guru Kenakan Busana Nasional

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bluru Kidul 2, Kecamatan Sidoarjo menyambut murid baru dengan mengenalkan kesenian lokal serta tradisi nasional pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Di pintu masuk sekolah, para guru mengenakan busana nasional. Mereka terlihat menyalami para murid, satu persatu. Di halaman sekolah, para murid baru juga dikenalkan Tari Remo yang diperagakan dua siswi.

Kepala sekolah SDN Bluru Kidul 2, Menik Mahfiah menuturkan, kesenian tradisional Tari Remo dan Baju Adat yang dikenakan para guru bertujuan agar kecintaan pada tradisi lokal dan keragaman nusantara dimulai sejak usia dini.

Baca Juga:  Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Silaturrahim Orang Tua / Wali Murid Baru Jelang Tahun Ajaran Baru

Selain itu, para murid baru juga dikenalkan Al Banjari yang dimainkan para siswa dengan rebana dan bersholawat serta berdzikir. Kemudian sekolah juga menggelar fashion show untuk mengenalkan seragam yang dipakai saat bersekolah.

“Di akhir kegiatan, kami menerbangkan balon sebagai simbol cita-cita setinggi langit bisa diraih dari awal anak-anak menuntut pendidikan di sekolah dasar,” imbuh Menik.

Baca Juga:  Warga Sengkaling Malang Gelar Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro
Baca Juga:  Menteri Basuki Ngedrum Lagu Dewa 19 dan Iwan Fals di Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi

Sementara itu di SDN Pucang 3, para orang tua mengantar putra-putrina pada hari pertama bersekolah. Karena orang tua tidak diperkenankan masuk ke ruang kelas, mereka hanya mengantar buah hati mereka sampai gerbang sekolah. Beberapa anak nampak merajuk digendongan ibu dan menangis.

Kepala Sekolah SD Negeri Pucang 3 Asiyah mengatakan, MPLS sudah disiapkan pihaknya dengan matang.”MPLS ini kami gelar satu minggu agar para murid baru beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dari sebelumnya,” ungkapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *