Korea Medical Tourism Festival 2023 Kembangkan Promosi Wisata Korea

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Korea Medical Tourism Festival (KMTF) 2023 digelar untuk pertama kalinya di Surabaya. Selain untuk mengembangkan promosi wisata Korea dalam bidang medis, juga menjaring para peminat wisata medis yang potensial.

Melalui Badan Promosi Korea atau biasa disebut Korea Tourims Organization (KTO) Jakarta Office, KMTF 2023 digelar di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya.

Surabaya dipilih karena merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. KMTF 2023 ini menghadirkan institusi di Korea Selatan, seperti rumah sakit, klinik maupun fasilitator medis.

Kepala Departemen Konten Hallyu, Badan Promosi Pariwisata Korea, Cho Hee Jin mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar besar Korea untuk wisata medis, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga:  IDI Sebut Daerah Terpencil Kurang Diminati Dokter dan Tenaga Medis

“Selama ini, Korea secara sempit diartikan hanya seputar K-Pop dan K-Drama. Namun, sebenarnya lebih luas dari itu. Melalui acara ini, kami ingin memberi tahu bahwa Korea memiliki banyak hal yang bisa dieksplor mulai dari budaya, arsitektur, sejarah, kecantikan dan industri medis,” ujar Cho Hee Jin melalui keterangannya di Surabaya, Senin (30/10/2023).

Cho Hee Jin menjelaskan, KMTF 2023 ini diikuti 19 institusi Korea, yang terdiri dari 12 institusi medis, 6 perusahaan fasilitator medis, dan 1 badan pariwisata.

“Dalam Konsultasi Bisnis pada Korea Medical Tourism Mart, mereka memberikan kesempatan kepada sekitar 120 undangan untuk membahas mengenai potensi kerja sama, pengembangan produk, penjelasan layanan medis Korea Selatan, dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga:  Banyuwangi Segera Miliki Layanan Senior Living, Kembangkan Medical Tourism
Baca Juga:  Smadiga Wakili Indonesia Ikut Konferensi Internasional di Korea Selatan

Menurut Cho Hee Jin, Medical Tourism atau wisata medis sudah bukan hal baru di sektor pariwisata. Tipe jalan-jalan ini sudah menjadi tren bagi wisatawan Indonesia agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik di negara tujuan. “Selain Malaysia dan Singapura, Korea Selatan menjadi tujuan bagi warga Indonesia untuk berobat,” ungkapnya.

Acara tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan Korea sebagai salah satu destinasi medis terbaik di dunia, serta memberikan sebuah alternatif tujuan baru bagi masyarakat yang menginginkan layanan kesehatan premium dengan teknologi canggih.

“Kami berusaha untuk mengombinasikan kedua hal tersebut menjadi permintaan pariwisata ke Korea. Sebab, Korea selain menjadi tuan rumah untuk Hallyu juga memiliki fasilitas dan layanan medis yang sudah mendunia,” terangnya.

Rangkaian terakhir dari KMTF 2023, yakni Korea Medical Tourism Expo dengan menghadirkan pameran dari institusi terbaik di Korea seperti rumah sakit, klinik, ataupun fasilitator medis bagi para pengunjung yang tertarik untuk mendapatkan informasi seputar layanan medis ataupun cara untuk mendapatkan pengobatan di Korea. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *