Lebaran 2023
Tips Menyiapkan Mobil sebelum Dipakai Mudik Lebaran

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Mudik Lebaran menjadi tradisi masyarakat menjelang Hari Raya Idhul Fitri. Banyak masyarakat menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api maupun bus. Namun tidak sedikit pula yang memilih menggunakan mobil menuju kampung halamannya.

Bagi yang memilih mobil untuk mudik, alangkah baiknya mulai saat ini sudah mempersiapkan kondisi kendaraannya agar mudik bersama keluarga berjalan nyaman, aman dan selamat.

Kepala Bengkel Hyundai Gowa, Jalan Majapahit Sidoarjo, Rulius Prasongko mengatakan, hal yang perlu diperhatikan adalah performa mobil. “Yang terpenting adalah pemeriksaan oli, kaki-kaki, kampas rem, elektrikal serta yang utama adalah tekanan dan kondisi ban,” terangnya, Sabtu (8/4/2023).

BACA JUGA:

mobil1

Hal lain yang menurutnya penting adalah pemeriksaan kondisi aki, karena saat mudik kondisinya tidak bisa diprediksi seperti terjadinya kemacetan.

“Dalam kondisi biasa, aki mungkin terasa masih normal, namun dalam kondisi yang lebih berat kondisi aki harus prima, sehingga perjalanan mudik bisa berlangsung lancar dan asyik,” tambahnya.

Sementara itu untuk mobil listrik, Rulius menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan adalah soal computerized nya karena sistem sensornya berbeda dengan mobil biasa.

“Selain performa mobil yang prima, kondisi pengemudi juga harus prima. Pastikan kondisi tubuh sehat dan jangan paksakan berkendara saat lelah, istirahatlah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pada Ramadhan pengguna Hyundai yang datang untuk menservis mobilnya mengalami kenaikan. “Biasanya empat sampai lima unit, namun pada pertengahan Ramadhan ini meningkat menjadi tujuh sampai delapan unit per hari,” terangnya.

Rulius memprediksi angka tersebut terus meningkat menjelang Idul Fitri, karena pemakai mobil Hyundai di Sidoarjo cukup banyak. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *