Kejurda Renang di Sidoarjo Dijadikan Persiapan Atlet untuk Berlaga di Pra dan Porprov Jatim, Pra dan PON XXI

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sebanyak 740 perenang mengikuti Kejurda (Kejuaraan Daerah) Renang se Jawa Timur 2023 yang digelar di GOR Sidoarjo, 17-19 Maret 2023.

Kejuaraan ini sekaligus ajang ukur kekuatan serta seleksi atlet yang akan berlaga di Pra maupun Porprov Jatim 2023. Selain itu sebagai persiapan Kejurnas (Kejuaraan Nasional) atau Pra PON menuju ke PON 2024.

Ketua KONI Jawa Timur M. Nabil didampingi Ketua PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Jawa Timur Dewanti Rumpoko, Ketua KONI Sidoarjo M. Franki Effendi, juga Kepala Bidang Olahraga Disporapar Sidoarjo Drian Isa Yostofa, membuka Kejurda Renang, Jumat (17/3/2023).

Ketua KONI Jatim M. Nabil mengapresiasi Kejurda ini karena menjadi bagian ikhtiar PRSI Jatim untuk merekrut atlet-atlet potensial. Menurutnya, kegiatan seperti harus sering dilakukan, sehingga akan muncul bibit-bibit baru dan generasi lapis kedua renang.

Ia menambahkan, renang adalah olahraga terukur, maka catatan-catatan ini akan menjadi bahan bagi kita untuk melakukan seleksi.

BACA JUGA:

renang1

“Kalau di level PRSI mungkin fungsi kontrolnya di Porprov, kalau KONI Jatim levelnya Pra PON. Sehingga ini menjadi kolaborasi sinergis antara KONI dengan PRSI. Kami sangat mendukung, antusias peserta luar biasa hingga 740 atlet. Itupun dibatasi, kalau tidak ada pembatasan mungkin ya lebih banyak lagi,” tutur Nabil.

Ia menambahkan, pada PON XX Papua 2021 kemarin, tim renang jatim menjadi juara umum. “Nah, raihan itu menjadi beban, tantangan sekaligus menjadi motivasi bagi kita minimal untuk mempertahankan, namun harapan kami ya harus meningkat. Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini siapa nanti yang leading mengukur kekuatan-kekuatan skor atlet,” jelasnya.

Ketua KONI Sidoarjo Franki Effendi berharap, Kejurda kali ini harus dimanfaatkan atlet-atlet Sidoarjo untuk mengukur kekuatan, atau melihat peta kekuatan masing-masing atlet daerah. Karena sebentar lagi akan ada even Porprov Jatim, Sidoarjo juga menjadi tuan rumah.

“Tentu ini menjadi ukuran bagi KONI Sidoarjo, bagaimana kesiapan atlet-atlet kita. Oleh karena itu kita harapkan Kejurda ini tetap menjunjung tinggi sportivitas, sehingga bisa untuk mengukur kekuatan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu Ketua PRSI Jatim Dewanti Rumpoko menambahkan, Kejurda Renang Jatim yang diselenggarakan hingga 19 Maret 2023 ini untuk melihat progres atlet yang berada di naungan klub-klub yang nantinya bisa mempunyai catatan waktu.

Bisa menjadi data yang nantinya akan kita berikan kepada KONI untuk data Kejurnas menujun PON mendatang. “Even seperti ini harus sering dilakukan, semakin banyak even atau lomba juga semakin menciptakan kepercayaan diri para atlet agar bisa lebih berprestasi ke depannya,” harapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *