Mauritz Pangkey Kembali Pimpin Askot PSSI Surabaya, Ini Anggota Exconya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Mauritz Bernhard Pangkey kembali terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi PSSI Kota Surabaya periode 2022-2026 dalam kongres di Quest Hotel Darmo Surabaya, Minggu (6/3/2022).

Mauritz berjanji menggelar kompetisi kategori senior dan memperhatikan nasib pelatih. “Kami sadar, empat tahun sebelumnya, meski semua program dari Asprov PSSI Jatim dijalankan, tetapi pasti belum sempurna. Masih ada kekurangan,” ujar Mauritz usai kongres.

Pria yang juga Ketua klub Maesa tersebut menyatakan ingin mengembalikan kejayaan sepak bola Surabaya agar diperhitungkan daerah lain. Salah satunya dengan menggelar kompetisi untuk kategori senior. “Kemudian ada (kompetisi) KU-13 dan KU-15,” jelas Mauritz.

Sebelum ini Askot PSSI Surabaya pernah menggelar kompetisi bertajuk Liga Askot PSSI Surabaya yang diikuti sekitar 30 klub untuk KU-13, KU-15 dan KU-17. Hanya saja, kompetisi yang dibuka pada 7 Maret 2020 terhenti karena pandemi Covid-19.

BACA JUGA:

Lebih lanjut Mauritz membeberkan alasan tidak menggelar kompetisi kategori senior, karena sesuai arahan dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur dan PSSI Pusat. Menurutnya, dia diminta fokus melakukan pembinaan di lapisan grassroot.

“Saat itu, oleh Asprov PSSI Jatim, Joko Driyono (Wakil Ketua Umum PSSI) juga Ratu Tisha Destria (Sekretaris Jenderal PSSI, kala itu) diminta melakukan pembenahan grassroot yang mencakup cara kontrol, passing dan shooting yang benar,” beber Mauritz.

pssi sby 2

Pada bagian lain, mantan manajer Persebaya U-17 di Piala Soeratin tersebut berjanji memperhatikan nasib pelatih. Dia ingin Kota Pahlawan menghasilkan pelatih berkualitas.

“Kami juga akan mengupayakan ada bantuan untuk pelatih-pelatih agar dapat mengambil jenjang lisensi yang lebih tinggi. Mungkin melalui subsidi. Cuma teknisnya itu perlu dirumuskan dulu,” tandas Mauritz.

Dalam agenda pemilihan ketua, tercatat total 35 pemilik suara. Rinciannya 34 klub dan satu suara dari Asosiasi Futsal Kota (AFK) Surabaya.

Mauritz meraih 21 suara sedang kandidat lainnya, Muhammad Yusuf yang diusung klub Colombo mendapat 14 suara. Calon lainnya, Heri Sudarsono menyatakan mundur.

pssi sby 1

Selain memilih ketua, kongres ini juga memilih wakil ketua dan tujuh anggota komite eksekutif (exco). Heri Sudarsono dari klub Anak Bangsa meraih 22 suara terpilih menjadi wakil ketua, sementara Yusuf mendapat 13 suara.

Dari lima calon wakil ketua, tiga di antaranya yaitu Abdullah (Mitra Surabaya), Hariono (Kresna), Gunawan (Pelindo) memilih mundur.

Sedangkan anggota exco terpilih adalah Abdullah, Saiful Anwar, Elly Yuliani, Ali Mohammad Smith, Saleh Hanifah, Ferril R. Hattu, dan Hendrik Peter Sahelangi. (es)

ASKOT PSSI SURABAYA PERIODE 2022-2026
Ketua Umum: Mauritz Bernhard Pangkey
Wakil Ketua: Heri Sudarsono
Anggota Exco:
1. Abdullah
2. Saiful Anwar
3. Elly Yuliani
4. Ali Mohammad Smith
5. Saleh Hanifah
6. Ferril R Hattu
7. Hendrik Peter Sahelangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *