Pramuka Peduli, Gus Ipul dan Iwan Fals Baksos di Kampung Kelir Gresik

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menyambut usia ke 55 Gerakan Pramuka Provinsi Jatim terus berinovasi dan mewujudkan kepeduliannya kepada masyarakat. Hal tersebut diimplementasikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga selaku Ketua Kwarda Pramuka Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf bersama Tokoh Musik Nasional Iwan Fals di Desa Kroman, Gresik, Sabtu (5/11/2016).

Ia mengatakan, kepedulian Pramuka adalah menyulap desa Kroman Gresik menjadi desa kelir. Kelir yang dimaksud yakni membuat desa lebih bewarna (kelir dalam bahasa jawa), cerah dan bersih. “Semoga desa ini terkenal dengan ciri khas warna bangunannya, terus dipertahankan kebersihannya sekaligus bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya,” tegasnya.

Kegiatan Bakti Sosial yakni mengecat sarana dan prasarana hingga rumah warga di Kampung Kelir ini merupakan rangkaian acara Konser ke 55 Pramuka bersama Iwan Fals yang puncaknya akan dilaksanakan, Minggu (6/11/2016) di Lapangan Makodam V Brawijaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan serta membangun jaringan kerja peduli lingkungan bersama Pramuka. Dalam Pramuka peduli tersebut Gus Ipul menyiapkan cat yang dipergunakan untuk mempercantik bangunan yang ada di desa kampung kelir ini.

Sekitar 104 bangunan seperti rumah penduduk, balai-balai nelayan, masjid, langgar, jembatan dicat bersama-sama. Gus Ipul bersama Iwan Fals juga berkesempatan membaur dengan warga dengan membersihkan dan memunguti sampah area Desa Kroman.

Gus Ipul menjelaskan, dengan membuat bangunan menjadi berwarna akan memberi kesan bersih dan nyaman. Ini berkat kerja keras dari Pramuka, karang taruna sejak 25 Oktober 2016 telah saling bergotong-royong menjadikan desanya lebih nyaman dan asri.

“Kegiatan ini dimulai dari cat rumah, kesan yang bersih dan nyaman ini harus dipertahankan. Jika bagus dan memberi manfaat akan dikembangkan ke berbagai daerah lainnya. Semoga dengan lingkungan yang bersih ibu-ibu mau bersih, mau membuka jendela agar udara di rumah bisa bergantian. Kalau sudah bersih otomatis akan menjalankan pola hidup sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari Qosim berharap melalui kegiatan ini akan berdampak sekaligus timbul kesadaran kepada masyarakat untuk selalu hidup sehat.

Sambari menceritakan, dahulu kampung atau desa kroman merupakan kampung pinggiran yang terkenal kumuh. “Dahulu, kampung ini termasuk kampung kumuh. Namun, dengan komitmen tinggi perlahan Pemkab Gresik bersama stakeholder memperbaiki sarana prasarana agar tata ruang bisa rapi dan bersih. Allhamdulillah sekarang sudah rapi dan bersih. Maka, tugas selanjutnya setelah bersih adalah harus mengatur area jualan sehingga kebersihan terus terjaga. Boleh berjualan akan tetapi diatur. Kalau bersih, semua ikut merasakan efeknya untuk hidup sehat,” tegasnya.

Kebersihan dan keelokan Kampung Kelir ini juga membuat Iwan Fals terkagum-kagum. Ia mengungkapkan, kampung yang bersih dan dicat dengan warna warni memang terkesan beda. Kesan beda yang dimaksud adalah kampung menjadi bersih dan rapi. Jika sudah bersih dan rapi ini akan membikin orang untuk betah.

“Saya senang dan bangga ada kampung yang berwarna dan membuat hati indah nyaman. Sungguh, kampung ini sangat menginspirasi, saya akan cerita ke kampung saya di Gresik ada kampung yang warna-warni dan membikin beda suasana sehingga menjadi nyaman.,” pungkasnya.

Sebelum acara bhakti sosial dan bersih-bersih kampung kelir Kroman dilakukan, terlebih dahulu dilakukan senam kesegaran jasmani yang diikuti seluruh warga Desa Kroman. Gus Ipul, Bupati dan Wakil Bupati Gresik secara bergantian melakukan pengecatan bangunan dan dilanjutkan dengan warga.

Dengan penuh semangat Gus Ipul mengikuti setiap gerakan senam bersama Bupati Gresik Sambari dipandu instruktur senam. Masyarakat yang didominasi dari kaum bapak, ibu, anak-anak ikut meramaikan senam pagi.

Diakhir kegiatan Gus Ipul bersama Iwan Fals dan Bupati-Wakil Bupati Gresik melakukan penanaman pohon. Aksi tersebut dilakukan di Kel. Lumpur Kab. Gresik tepatnya disamping lahan pabrik dan berdekatan dengan area pesisir laut. (humasjatim/nif/wem)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *