Kick Off Liga 3 Jawa Timur Awal April, Ini Jumlah Pesertanya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kick off kompetisi Liga 3 regional Jatim dijadwalkan awal April 2018. Kepastian ini disampaikan pada Workshop Kompetisi Liga 3, Liga U-17, U-15, U-13 dan Piala Pertiwi di The Alana Hotel, Surabaya, Kamis (22/2/2018).

Workshop kali ini selain mensosialisasikan jadwal kick-off kompetisi Liga 3 regional Jatim juga menyampaikan batasan usia pemain.

Sesuai jadwal yang telah disusun Asprov PSSI Jatim, Liga 3 mulai bergulir 1 April hingga Agustus 2018. Rencananya kompetisi diikuti 56 tim. Di babak pertama dibagi delapan grup, masing-masing grup dihuni tujuh tim menggunakan sistem kompetisi penuh, home and away.

Setelah fase ini, hanya ada 16 klub yang tampil di babak kedua. Mereka dibagi empat grup, masing-masing grup diisi empat tim. Berbeda dengan fase pertama, di fase kedua menggunakan sistem setengah kompetisi.

Juara grup berhak tampil di semifinal. Pemenang di babak tersebut melaju ke final untuk memperebutkan juara. Tim yang tidak lolos ke semifinal masih memiliki kesempatan lolos ke zona Jawa. Ini karena, Jatim mendapat kuota 11 tim yang berhak tampil di babak zona Jawa. Jumlah tim sebanyak itu diambil dari juara, runner-up grup dan tiga peringkat ketiga terbaik di akhir fase kedua.

Terkait regulasi pemain Liga 3, Asprov PSSI Jatim memberikan kuota maksimal 30 pemain, dengan rincian 27 pemain U-23 dan tiga pemain usia bebas.

Selain sosialisasi gelaran Liga 3 Jatim, Asprov PSSI Jatim juga menggelar Piala Suratin U-17. Sesuai data dari Asprov PSSI Jatim, ada 46 klub yang telah mengonfirmasi keikutsertaannya di kompetisi yang menggunakan format home tournament ini. Selain itu juga digelar Liga U-15, Liga U-13 yang akan digelar Askab/Askot serta Piala Pertiwi (kompetisi sepak bola wanita) yang rencananya digelar April 2018. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *