SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Gelar Dua Kegiatan Inspiratif untuk Rayakan Bulan Bahasa

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo menggelar dua acara besar, yaitu EUNOIA Pesta Bulan Bahasa 2024 dengan tema “Semerbak Bahagia di Selasar Bahasa” dan English Special Performance (ESP) 2025 bertajuk “Stars of Jungle – Madagascar Show”.

Kedua acara untuk merayakan Bulan Bahasa ini berlangsung di halaman depan Gedung SMP Progresif Bumi Shalawat dan di GOR Progresif Bumi Shalawat, Sabtu (26/10/2024). Kegiatan ini mempertemukan berbagai elemen kreativitas siswa untuk merayakan kecintaan terhadap bahasa, seni, dan budaya.

Semerbak Bahagia di Selasar Bahasa, dirancang sebagai wadah untuk mengekspresikan kreativitas siswa kelas 9 melalui lomba-lomba inovatif. Tiga bidang kompetisi menjadi sorotan utama, yakni Kreasi Busana, Mading 3D dan Video Reportase.

Baca Juga:  Penyiar RRI Malang Esty Sulistya Juara Kompetisi Penyiar Tingkat Asia Pasifik, Sisihkan Peserta dari 65 Negara

Setiap kelas akan menunjukkan interpretasi mereka terhadap budaya dan kebahagiaan melalui peragaan busana yang diiringi narasi sesuai tema masing-masing kelas, pameran mading 3D yang menggali sisi kreatif bahasa, dan karya video reportase.

Acara ini turut menggandeng Gramedia yang hadir melalui bazar buku untuk memperkaya pengalaman Bulan Bahasa. Selain itu, pada sesi puncak, mading 3D akan dipamerkan dan peserta voting dari kelas 9 serta perwakilan kelas 7 akan memilih kreasi terbaik. Pemenang kompetisi ini akan diumumkan dengan kategori juara 1, 2, 3, serta harapan 1, 2, dan 3.

Sedangkan English Special Performance (ESP) 2025 diramaikan santri kelas 8 dengan tema Stars of Jungle – Madagascar Show. Tema ini dipilih untuk mendorong keberanian santri dalam berekspresi, mengasah kreativitas, dan bakat berbahasa Inggris mereka.

Baca Juga:  Festival Kitab Kuning Banyuwangi 2024, Angkat Perjuangan Santri Menjaga Negeri

ESP menampilkan tiga kategori pertunjukan utama yang meliputi Vocal Group, Fashion Designer, dan Yell and Cheer, yang memberikan kesempatan bagi santri untuk tampil percaya diri dan berkolaborasi dalam kekompakan.

Acara ini menjadi ruang bagi santri untuk mengekspresikan diri melalui penampilan kreatif yang akan memperkaya kemampuan bahasa Inggris mereka.

Baca Juga:  Ribuan Warga Surabaya Ikut Jalan Sehat Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Surabaya

Kedua acara ini dihadiri seluruh siswa dan perwakilan tim struktural SMP Progresif Bumi Shalawat. Dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung meriah, EUNOIA Pesta Bulan Bahasa 2024 dan ESP 2025 diharapkan dapat mempererat semangat kebersamaan, meningkatkan kemampuan berbahasa, serta menggali potensi kreatif seluruh peserta.

“Tujuan diadakan acara ini untuk menyiapkan para santri turut serta dalam kompetisi global, disamping itu tidak hanya wawasan internasional saja yang kita kenalkan kepada para santri, kita juga mengenalkan kebudayaan daerah. Hal ini bertujuan agar santri menanamkan nilai-nilai budaya bangsa ini,” ujar Mahmud Al Fahmi, Kepala SMP Progresif Bumi Shalawat.

Menurutnya, kemeriahan hari ini adalah bukti nyata, SMP Progresif Bumi Shalawat terus mendukung pengembangan bakat dan kreativitas siswa melalui beragam kegiatan edukatif dan inspiratif.

“Kami menjadikan sekolah sebagai tempat yang tak hanya mengedepankan prestasi akademik, tetapi juga nilai-nilai budaya dan kebersamaan,” imbuhnya. (sat)