Kualifikasi Piala Dunia 2026
Persaingan Menuju Piala Dunia 2026 Sangat Ketat, Erick Thohir Minta STY Matangkan Tim dan Taktik

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Persaingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sangat ketat. Usai berakhirnya matchday keempat, dua pelatih sudah menjadi korban dari sengitnya persaingan di Grup C ini.

Pelatih Australia, Graham Arnold menjadi pelatih pertama yang didepak. Kabar terbaru, Roberto Mancini juga diputus kontrak oleh Arab Saudi. Grup C ini dihuni Jepang, Indonesia, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan Tiongkok.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengingatkan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) agar selalu mematangkan tim dan taktik di setiap laga Timnas Indonesia yang masih menyisakan enam pertandingan di Grup C.

Baca Juga:  Pesan Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Nyaris Kalahkan Bahrain

Hal ini merespons munculnya kritik keras publik pada eksperimen STY dalam laga melawan Tiongkok yang mengakibatkan timnas menelah kekalahan pertama.

“Saya sudah bertemu dengan coach Shin (Shin Tae-yong). Kami serius bicara soal target timnas untuk minimal menempati empat besar di grup. Ini menjadi tugas coach untuk mempersiapkan tim dan taktik dengan sebaik-baiknya. Terutama di dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi, bulan depan,” kata Erick Thohir, Jumat (25/10/2024) dikutip laman PSSI.

Baca Juga:  Menpora Dito Lepas Timnas Futsal Indonesia Tampil di AFF Futsal Championship 2024 di Thailand

PSSI, menurut Erick, akan selalu memberikan dukungan dalam memenuhi kebutuhan timnas. “Kita harus maksimal secara taktik. Stabilitas yang mulai terbangun mesti dipertahankan sehingga saat main, taktik sudah siap dan matang,” ujarnya.

Sebelumnya publik mengkritik keras STY, karena secara berani membongkar pasang skuad timnas di laga melawan Tiongkok.

Baca Juga:  Bintang Putra Sidoarjo Raih Kemenangan di Laga Pembuka Kompetisi Internal Askab PSSI Sidoarjo 2024, Ini Daftar Susunan Pemainnya

Sejumlah pemain yang selama ini menjadi kunci permainan, seperti Thom Haye, tidak bermain penuh. Eliano Reijnders bahkan dicoret STY dari daftar susunan pemain, meski tampil baik di laga melawan Bahrain. Eksperimen berani STY berbuah mahal dengan kekalahan pertama atas tim juru kunci klasemen, Tiongkok.

Setelah berakhirnya matchday keempat, Jepang kokoh di puncak klasemen sementara mengumpulkan 10 poin, disusul Australia, Arab Saudi dan Bahrain diurutan kedua, ketiga dan keempat. Tiga tim tersebut sama-sama mengantongi lima poin. Indonesia menempati peringkat kelima dengan tiga poin dan Tiongkok di dasar klasemen sementara mengumpulkan tiga poin. (*)