Hari Penglihatan Sedunia, Konjen Australia Gelar Pemeriksaan Mata Gratis 2.000 Pasien

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Konsulat Jenderal Australia di Surabaya melalui Direct Aid Program mendukung pengadaan operasi katarak, pemeriksaan mata, dan pemberian kacamata gratis kepada warga di Bondowoso.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia 2024 ini digelar di Klinik NU Traktakan dan RSUD Dr Koesnadi Bondowoso pada 8 hingga 10 Oktober 2024. Targetnya pemeriksaan mata kepada 2.000 pasien, dan operasi katarak kepada 200 pasien.

Dalam sambutannya, Konsul-Jenderal Australia di Surabaya, Glen Askew mengatakan, pihaknya bangga bisa mendukung kegiatan yang bermanfaat ini. Sehingga, diharapkan kegiatan ini bisa digelar secara rutin dan bisa membantu banyak orang, terutama untuk kesehatan mata di masyarakat setempat.

Baca Juga:  KAI Rutin Cek Kesehatan Awak Sarana Perkeretaapian, Konsisten Terapkan Budaya Keselamatan

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi dukungan dari semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Bondowoso atas kelancaran program ini,” ujar Glen, Rabu (9/10/2024).

“Tahun ini sangat istimewa, karena Pemerintah Australia dan Indonesia merayakan ulang tahun hubungan diplomatik yang ke-75. Semoga dengan kegiatan ini, hubungan antar kedua negara bisa bertambah erat,” sambungnya.

Baca Juga:  Desa Energi Berdikari Pertamina Raih Penghargaan Terbaik Indonesia‘s SDG Action Awards 2024
Baca Juga:  Bank Mandiri Kembali Raih Juara 1 Perusahaan Go Publik Keuangan Annual Report Award 2023

Glen menjelaskan, program pengadaan operasi katarak, pemeriksaan mata, dan pemberian kacamata gratis ini dapat terlaksana berkat kerja sama dari Konsulat-Jenderal Australia dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“Termasuk Yayasan John Fawcett Indonesia, LSM LP2SM Bondowoso, Klinik NU Traktakan, RSUD Dr Koesnadi Bondowoso, serta yayasan dan kelompok masyarakat yang terlibat dalam acara ini,” jelasnya.

Direct Aid Program adalah program bantuan langsung dari pemerintah Australia yang mendukung proyek pembangunan berkelanjutan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. (aci)