Piala Dunia Futsal 2024
Perancis Singkirkan Paraguay di Perempat Final Piala Dunia Futsal 2024, Perancis Debut, Lolos ke Semifinal

SURYAKABAR.com – Perancis membuat langkah gemilang di Piala Dunia Futsal 2024. Menjalani debut di Piala Dunia, Perancis sukses menembus semifinal, setelah di perempat final menang 2-1 atas Paraguay di Bukhara Universal Sports Complex, Uzbekistan, Senin (30/9/2024) malam WIB.

Pertandingan di babak pertama berlangsung alot. Kendati kedua tim main terbuka dan menghasilkan beberapa peluang, namun hingga babak pertama berakhir tidak ada gol tercipta.

Babak kedua baru berjalan satu menit 57 detik, Ouassini Guirio memecah kebuntuan dengan mencetak gol untuk membawa Perancis unggul 1-0.

Gol ini tercipta dari tendangan jarak dekat Guirio dari dalam circle memaksimalkan umpan matang Souheil Mouhoudine.

Baca Juga:  Hasil Pertandingan Piala Dunia Futsal 2024, Ukraina Lolos ke Semifinal Kalahkan Venezuela dan Ketemu Brasil

Tertinggal satu gol, Paraguay nyaris menyamakan kedudukan menit 25 lewat aksi individu Hugo Martinez yang menyerbu dari sisi kanan pertahanan Perancis. Tendangan Martinez mengenai tiang gawang dan bola out.

Peluang kembali dimiliki Paraguay menit 27. Umpan Francisco Martinez dari sisi kanan pertahanan Perancis mengarah ke tiang dua disambut tendangan Arnaldo Baez yang berdiri bebas sekitar satu meter di mulut gawang.

Kiper Francis Lokoka menjatuhkan badan sambil menepis bola. Bola liar, kemudian terjadi perebutan bola antara Lokoka dan Baez.

Posisi bola sangat tipis antara sudah masuk gawang atau belum. Akhirnya wasit Jorge Flores dari El Salvador melihat Video Assistant Referee (VAR) dan memutuskan no goal.

Baca Juga:  Brasil Ke Semifinal Piala Dunia Futsal 2024, setelah Kalahkan Maroko

Beberapa detik berselang atau menit 27 dan 51 detik serangan Paraguay lewat Emerson Mendez, Adolfo Salas menghasilkan gol yang dicetal Martinez. Skor imbang 1-1.

Abdessamad Mohammed memastikan kemenangan Perancis menit 34. Gol ini berawal saat Mohammed menguasai bola di sisi kiri pertahanan Paraguay.

Mohammed berusaha melewati penjagaan Jorge Espinoza. Begitu berhasil melewati Espinoza, Mohammed melepas tendangan kaki kiri sekitar satu meter diluar circle. Bola keras gagal dibendung kiper Giovanni Gonzalez. Gol 2-1 untuk keunggulan Perancis.

Baca Juga:  Perancis Kalahkan Thailand di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Tim dari Asia Habis

Tertinggal 1-2 Paraguay langsung memainkan powerplay dan menempatkan Espinoza sebagai kiper terbang. Gelombang serangan Paraguay bertubi-tubi mengancam gawang Perancis.

Puncaknya di detik terakhir, tendangan keras Martinez mengenai mistar gawang. Bola memantul ke bawah. Lagi-lagi sangat tipis antara gol atau tidak. Wasit Jorge Flores kembali melihat VAR dan memutuskan tidak gol.

Sebelum ke semifinal, Perancis menembus perempat final setelah di laga 16 Besar menang 5-2 atas Thailand. Pada fase grup, Perancis finis sebagai runner up Grup F mengumpulkan enam poin, hasil dua kali menang yakni menundukkan Guatemala 6-3 dan mengalahkan Venezuela 7-3 serta menelan kekalahan 1-4 dari Iran. (es)