Piala Dunia Futsal 2024
Perancis Kalahkan Thailand di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Tim dari Asia Habis

SURYAKABAR.com – Habis sudah tim dari Asia di pentas Piala Dunia Futsal 2024. Thailand yang menjadi tim terakhir dari Asia langkahnya kandas di 16 Besar, setelah menelan kekalahan 2-5 dari Perancis di Bukhara Universal Sports Complex, Uzbekistan, Jumat (27/9/2024) malam WIB.

Thailand menyusul Afghanistan dan Iran yang juga terhenti di 16 Besar. Bahkan Tajikistan dan tuan rumah Uzbekistan lebih dulu kandas di fase grup.

Mengawali pertandingan Thailand melakukan tekanan lebih dulu. Masih di detik-detik awal, Thailand lewat Itticha Praphaphan mengancam gawang Perancis yang dikawal Francis Lokoka.

Perancis juga menyuguhkan permainan ofensif. Ini membuat jual beli serangan tersaji di awal pertandingan. Gol pembuka baru tercipta menit 8. Steve Bendali membawa Perancis unggul lebih dulu. Keunggulan Perancis 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga:  Kazakhstan Singkirkan Juara Bertahan Portugal di Piala Dunia Futsal 2024, Gol Kemenangan Kazakhstan Lahir 14 Detik Jelang Laga Usai

Di babak kedua, laga baru bergulir dua menit Mamadou Sigarassy Toure menggandakan keunggulan Perancis. Lewat serangan balik, Abdessamadd Mohammed mengirim umpan ke Sigarassy Toure yang berlari kencang di sisi kanan pertahanan Thailand. Sigarassy Toure menempatkan bola di tiang dua gagal dibendung kiper Thailand Arut Senbat.

Berselang dua menit Thailand mendapat tendangan penalti titik pertama, setelah Apiwat Chaemcharoen dijatuhkan di dalam cirle.

Thueanklang yang dipercaya menjadi algojo penalti tidak membuang kesempatan. Tendangannya menjebol gawang Perancis untuk mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Baca Juga:  Juara Piala Dunia Dua Kali Spanyol Tersingkir di 16 Besar Piala Dunia 2024, setelah Dikalahkan Venezuela

Usai lahirnya gol ini, serangan Thailand beberapa kali mengancam gawang Perancis, namun karena lemahnya penyelesaian akhir dan penampilan gemilang kiper Lokoka membuat peluang-peluang tersebut gagal melahirkan gol.

Perancis justru yang menambah gol lewat sontekan pelan kaki kiri Abdessamad Mohammed menit 28. Perancis unggul 3-1.

Thailand kembali membuka harapan, setelah tendangan bebas Narongsak Wingwon menjebol gawang Perancis menit 32 sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Baca Juga:  Maroko Lolos ke Perempat Final Piala Dunia Futsal 2024, Singkirkan Iran di 16 Besar

Pertandingan menyisakan waktu empat menit, Thailand merespons dengan melakukan powerplay dan menempatkan Apiwat Chaemcharoen sebagai kiper terbang.

Kedisiplinan Perancis menggalang pertahanan membuat powerplay Thailand menemui kebuntuan. Justru, Perancis yang berhasil menambah dua gol lewat Souheil Mouhoudine menit 37 dan Ayoub Saadaoui menit 38.

Kedua gol ini lahir dari tendangan jarak jauh dari daerah sendiri saat berhasil mematahkan serangan Thailand. Skor akhir 5-2 untuk kemenangan Perancis.

Di perempat final, Senin (30/9/2024) malam WIB, Perancis sudah ditunggu Paraguay yang lebih dulu lolos. Paraguay menembus perempat final, setelah menang 3-1 (1-1) atas Afghanistan lewat perpanjangan waktu. (es)