Kualifikasi Piala Asia U-20 2025
Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Timor Leste, Ini Update Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-20 menjaga peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025, setelah di matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Indonesia memetik kemenangan 3-1 atas Timor Leste di Stadion Madya Senayan Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam.

Tim asuhan Indra Sjafri kian kokoh memuncaki klasemen sementara Grup F mengumpulkan enam poin dari dua kali bertanding. Indonesia ditempel ketat Yaman di posisi kedua juga dengan koleksi enam poin.

Bedanya, selisih gol Indonesia (7-1) lebih bagus dibanding milik Yaman (6-1). Itu sebabnya, matchday terakhir, Minggu (29/9/2024) saat Indonesia bertemu Yaman, akan menjadi penentu siapa yang bakal tampil sebagai juara Grup F sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China, 6-23 Februari 2025.

Runner up grup masih berpeluang lolos. Ini karena dari 10 grup yang ada di babak kualifikasi ini, selain 10 juara grup yang lolos juga ditambah lima tim runner up terbaik.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Ini Klasemennya

Menghadapi Timor Leste, Indonesia langsung mengurung pertahanan Timor Leste. Peluang pertama dimiliki Indonesia lewat striker Jens Raven saat laga baru berjalan lima menit.

Serbuan Jens Raven dari sisi kiri pertahanan Timor Leste, bola umpan tarik Raven dari tepi garis gawang mengenai kaki pemain Timor Leste dan menghasilkan sepak pojok.

Akhirnya serangan Indonesia menghasilkan gol pertama menit 13. Bola umpan tarik Alfahrezi Buffon disambut tendangan voli Jens Raven. Bola diblok kiper Timor Leste, bola memantul ke mulut gawang. Bola sempat mengenai kaki pemain Timor Leste dan akhirnya berhasil diserobot Raven untuk menjebol gawang Timor Leste.

Lahirnya gol ini semakin menambah motivasi tanding pemain Indonesia. Gelombang serangan kembali dilancarkan Doni Tri Pamungkas dkk.

Baca Juga:  Persibo Kokoh di Puncak Klasemen Grup 3 Liga 2, setelah Kalahkan Persewar

Lewat serangan balik cepat Raven melepas umpan ke Tony Firmansyah. Dari tengah lapangan Tony mendrible bola dengan cepat dikejar pemain Timor Leste.

Mendekati garis gawang, Tony melepas umpan tarik. Bola mengenai kaki pemain Timor Leste dan bergulir liar di mulut gawang diteruskan M Riski Afrisal menjebol gawang Timor Leste.

Unggul 2-0 Indonesia kembali mengurung pertahanan Timor Leste, namun kesulitan menambah gol. Timor Leste berupaya menipiskan ketinggalan. Mereka tetap main terbuka. Bahkan lewat serangan balik menit 32, Timor Leste memiliki peluang, namun tendangan Luis Figo menyamping di sisi kiri gawang Indonesia yang dikawal Ikram Al Giffari. Kedudukan 2-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Kazakhstan Singkirkan Juara Bertahan Portugal di Piala Dunia Futsal 2024, Gol Kemenangan Kazakhstan Lahir 14 Detik Jelang Laga Usai

Di awal babak kedua kendali permainan tetap dikuasai Indonesia. Namun menemui kebuntuan. Justru Timor Leste nyaris mencetak gol. Lagi-lagi peluang dimiliki Luis Figo menit 54. Beruntung bola tendangan Luis Figo berhasil diblok Ikram Al Giffari.

Indonesia juga memiliki peluang di antaranya lewat Muhammad Ragil menit 63. Tendangan kaki kiri Ragil dari dalam kotak penalti terlalu lemah dan bola bergulir di sisi kiri gawang Timor Leste.

Luis Figo akhirnya berhasil mencuri gol menit 67 untuk menipiskan ketinggalan Timor Leste menjadi 1-2. Indonesia juga nyaris menambah gol menit 73. Namun, bola tendangan kaki kiri Figo Dennis dari dalam kotak penalti menerpa mistar gawang dan bola bergulir kembali ke lapangan permainan.

Sebelum menutup pertandingan, Indonesia berhasil menambah satu gol menit 78. Gol ini lahir dari kerja sama yang matang. Diawali bola sodoran dari Raven di sisi kanan pertahanan Timor Leste ke Doni Tri Pamungkas.

Pemain asal Persija Jakarta ini melepas umpan menyusur rumput ke mulut gawang dan diteruskan Muhammad Ragil menjebol gawang Timor Leste. Ini menjadi gol terakhir di laga ini untuk memastikan Indonesia menang 3-1.

Bagi Timor Leste kekalahan ini membuat mereka tidak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025. Dua kali bertanding, Timor Leste terus menelan kekalahan. (es)  

HASIL PERTANDINGAN GRUP F
RABU, 25 SEPTEMBER 2024
Yaman 3-1 Timor Leste
Indonesia 4-0 Maladewa

JUMAT, 27 SEPTEMBER 2024
Maladewa 0-3 Yaman
Timor Leste 1-3 Indonesia

JADWAL PERTANDINGAN GRUP F
MINGGU, 29 SEPTEMBER 2024
15.00 WIB – Timor Leste Vs Maladewa
19.30 WIB – Indonesia Vs Yaman

KLASEMEN SEMENTARA GRUP F

NOTIMMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Indonesia22007-16
2.Yaman22006-16
3.Timor Leste20022-60
4.Maladewa20020-70