Piala Dunia Futsal 2024
Maroko Lolos ke Perempat Final Piala Dunia Futsal 2024, Singkirkan Iran di 16 Besar

SURYAKABAR.com – Maroko lolos ke perempat final Piala Dunia Futsal 2024, setelah menyingkirkan Iran 4-3 di laga 16 Besar di Bukhara Universal Sports Complex Bukhara, Uzbekistan, Kamis (26/9/2024) malam WIB.

Pada edisi sebelumnya yakni Piala Dunia 2021, Maroko juga sukses menembus perempat final. Itu merupakan prestasi tertinggi Maroko di Piala Dunia.

Mengawali pertandingan, Iran unggul lebih dulu menit 3 lewat gol Mohammad Derakhshani. Khalid Bouzid menyamakan kedudukan 1-1 menit 6.

Tekanan Maroko membuat pemain Iran Alireza Rafieipour melakukan gol bunuh diri menit 10. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Maroko.

Berbalik unggul, Maroko kian gencar melakukan tekanan. Soufiane El Mesrar membawa Maroko semakin menjauh, setelah mencetak gol ketiga Maroko menit 16.

Baca Juga:  Juara Piala Dunia Dua Kali Spanyol Tersingkir di 16 Besar Piala Dunia 2024, setelah Dikalahkan Venezuela

Babak pertama menyisakan waktu 31 detik Idriss Raiss El-Fenni memastikan keunggulan Maroko 4-1 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Iran langsung tancap gas. Babak kedua baru berjalan 28 detik, Hossein Tayyebi Bidgoli menipiskan ketinggalan menjadi 2-4.

Sukses mencetak gol cepat, Iran makin termotivasi menambah gol. Belum genap satu menit atau baru 58 detik dari lahirnya gol kedua, Moslem Oladghobad mencetak gol ketiga Iran sekaligus mengubah kedudukan menjadi 3-4.

Usai lahirnya dua gol cepat di dua menit awal babak kedua itu, kedua tim menemui kebuntuan untuk menambah gol.

Baca Juga:  Brasil Kalahkan Kosta Rika di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Berpeluang Hadapi Iran di Perempat Final

Kendati, kedua tim saling serang dan mengancam gawang lawan, namun hingga laga yang dipimpin wasit Daniel Matkovic dari Swiss itu berakhir kedudukan tetap 4-3 untuk kemenangan Maroko.

Maroko melangkah ke 16 Besar sebagai runner up Grup E. Tiga kali bertandingan di fase grup, Maroko menang dua kali mengalahkan Tajikistan 4-2 dan menekuk Panama 6-3 serta di laga terakhir fase grup kalah 1-4 dari Portugal yang akhirnya merebut juara Grup E.

Sementara Iran di fase grup tampil perkasa. Tiga kali bertanding di Grup F, Iran menyapu bersih kemenangan dengan mengalahkan Venezuela 7-1, membekuk Guatemala 9-4 dan mengalahkan Perancis 4-1.

Baca Juga:  Belanda Kandas di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Kalah dari Ukraina

Sejak Piala Dunia Futsal digelar 1989 atau tahun ini merupakan edisi ke-10, Iran tampil sembilan kali dengan prestasi tertinggi 2016 menempati peringkat ketiga dan 1992 finis di peringkat keempat.

Seiring lolosnya Maroko ke perempat final, kini tugas berat sudah menanti. Maroko akan menghadapi juara dunia lima kali Brasil, Minggu (29/9/2024).

Brasil tampil gemilang di Piala Dunia Futsal 2024 ini. Pada fase grup, Brasil mengawali pertandingan dengan menghajar Kuba 10-0, kemudian mengalahkan Kroasia 8-1 dan menutup fase grup dengan menekuk Thailand 9-1.

Ketangguhan Brasil berlanjut di 16 Besar, mereka berhasil menekuk Kosta Rika, 5-0. Total dari empat laga yang sudah dijalani, Brasil mencetak 32 gol dan hanya kebobolan dua gol.

Dua pemain yang berhasil menjebol gawang Brasil yakni Marinovic dari Kroasia dan pemain Thailand Osamanmusa. (es)