Premier League
Pemain Kena Kartu Merah, Arsenal Nyaris Kalahkan Manchester City

SURYAKABAR.com – Kemenangan Arsenal atas Manchester City di matchday kelima Premier League Inggris yang sudah didepan mata buyar. Arsenal harus puas dengan hasil imbang 2-2 pada laga di Etihad Stadium, Minggu (22/9/2024) malam WIB.

Arsenal sempat memimpin 2-1 hingga laga menjelang bubar. Namun, tuan rumah Manchester City berhasil menyamakan kedudukan 2-2 menit 90+8 atau beberapa detik menjelang laga usai. Gol penyama Manchester City dicetak John Stones memanfaatkan kemelut di depan mulut gawang Arsenal.

Manchester City membuka keunggulan saat laga baru berjalan sembilan menit lewat mesin gol mereka Erling Haaland. Mendapat umpan terobosan dari Savinho, Haaland lepas dari jebakan offside.

Sambil berlari kencang Haaland langsung mencocor bola dengan kaki kiri menjebol gawang Arsenal yang dikawal David Raya. Ini merupakan gol ke 100 Haaland bersama Manchester City dalam 105 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga:  Rapat Paripurna DPR RI Resmi Sahkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Bola tendangan kaki kiri Riccardo Calafiori dari luar kotak penalti memaksimalkan umpan Gabriel Martinelli menyamakan kedudukaan 1-1 menit 22.

Memasuki injury time babak pertama, The Gunners Arsenal berbalik unggul 2-1 lewat gol sundulan Gabriel Magalhaes menit 45+1 menyambut bola lambung tendangan penjuru Bukayo Saka.

Petaka bagi Arsenal datang, menyusul kartu kuning kedua diterima Leandro Trossard yang berbuah kartu merah tidak langsung menit 45+8.

Di babak kedua, Arsenal tinggal bermain dengan 10 pemain. Gelombang serangan Manchester City datang bertubi-tubi.

Baca Juga:  Persibo Kalahkan Persipura di Jayapura, Ini Posisinya di Klasemen Sementara

Pelatih Arsenal Mikel Arteta memilih bertahan total dengan menempatkan pemainnya berada di seperempat  lapangan sendiri. Bahkan, beberapa kali pemain-pemain Arsenal berada di dalam kotak penalti untuk membendung arus deras serangan Manchester City.

Skema ini cukup jitu. Manchester City kesulitan melepas umpan-umpan terobosan dan lebih banyak melepas umpan lambung dari kedua sayap yang dapat digagalkan pemain Arsenal.

Beberapa kali pula, Manchester City terpaksa melepas tendangan dari luar kotak penalti, karena kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Arsenal. Namun, tendangan dari luar kotak penalti, kadang membentur pemain Arsenal, kadang melambung atau melenceng di sisi kiri kanan gawang Arsenal.

Baca Juga:  Begini Komentar Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Imbang Lawan Arab Saudi dan Australia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kesabaran pemain Manchester City akhirnya membuahkan gol menit 90+8. Berawal dari tendangan keras Mateo Kovacic dari dalam kotak penalti, bola membentur pemain dan jatuh di depan John Stones. Tanpa membuang waktu Stones langsung mengayunkan kaki kiri menendang bola menggetarkan jala Arsenal.

Hasil imbang ini menempatkan Manchester City kembali ke puncak klasemen sementara mengumpulkan 13 poin, hasil empat kali menang dan satu kali imbang menggusur Liverpool yang sempat berada di puncak klasemen sementara selama satu hari.

Arsenal berada di posisi keempat mengantongi 11 poin, hasil tiga kali menang dan dua kali seri. Posisi kedua dan ketiga dihuni Liverpool dan Aston Villa yang sama-sama mengoleksi 12 poin.

Hingga berakhirnya matchday kelima, tersisa empat tim belum tersentuh kekalahan yakni Manchester City, Arsenal, Brighton dan Nottingham Forest.

Brighton dan Nottingham Forest menempati peringkat 7 dan 8 sama-sama mengumpulkan sembilan poin, hasil dua kali menang dan tiga kali imbang. (es)