PON 2024 Aceh Sumut
Perenang Jatim Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi Raih Lima Medali Emas PON 2024, Samai Atlet Loncat Indah Gladies Lariesa Garina

MEDAN, SURYAKABAR.com – Perenang muda Jawa Timur (Jatim) Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi berhasil meraih medali emas kelima di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumut.

Ini setelah pada hari keempat perlombaan renang PON 2024 di Kolam Renang Selayang, Medan, Selasa (17/9/2024) Izzy tampil sebagai juara di nomor 200 meter gaya bebas putri sekaligus merebut medali emas. Perenang 19 tahun itu mencatatkan waktu 2 menit 04,77 detik.

Sukses Izzy merebut lima medali emas menyamai raihan Gladies Lariesa Garina Hagakore sesama atlet Jatim yang lebih dulu meraih lima medali emas dari loncat indah.

Baca Juga:  Gladies Lariesa Garina Sapu Bersih Medali Emas Loncat Indah Putri PON 2024

Sebelum meraih medali emas di nomor 200 meter gaya bebas putri, Izzy lebih dulu mendapatkan medali emas di nomor 800 meter gaya bebas putri. Tiga medali emas lainnya didapatkan Izzy di renang perairan terbuka nomor 5.000 meter putri, 400 meter gaya bebas putri, dan 4×200 meter gaya bebas estafet.

“Ini rezeki. Seperti saya bilang sebelumnya, tidak ada kata puas untuk prestasi. Setelah berhasil memenuhi target empat medali emas, saya ingin menambahnya. Dan Alhamdulillah saya bisa mendapatkan lima medali emas,” kata Izzy dikutip laman PON 2024.

Selain meraih lima emas, Izzy juga telah mendapatkan satu perak dari nomor 4×100 meter gaya bebas estafet putri. Pencapaian ini disebutnya tak lepas dari dukungan keluarganya. Bahkan, sang ayah dan kakak datang langsung ke Medan untuk mendukungnya. “Ini juga berkat dukungan pelatih dan rekan-rekan di kontingen Jawa Timur,” sebutnya.

Baca Juga:  DPR Setujui Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Lanjut Paripurna
Baca Juga:  Perenang Muda Jatim Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi Raih Empat Emas PON 2024, Masih Bisa Bertambah

Tak hanya Izzy yang sudah mendapatkan lima emas dari renang. Perenang DKI Jakarta, Joe Aditya Wijaya Kurniawan juga sudah mendapatkan lima medali emas.

Dalam perlombaan renang hari keempat, distribusi perolehan medali cukup merata. DKI Jakarta mendapatkan dua medali emas. Sedang Jawa Timur, Jawa Barat, Papua, Riau, dan Sulawesi Tengah masing-masing meraih satu medali emas. (*)

PEROLEHAN MEDALI RENANG, SELASA (17/9/2024)

200 Meter Gaya Bebas Putra
Emas: DKI Jakarta
Perak: DKI Jakarta
Perunggu: Jawa Timur

200 Meter Gaya Bebas Putri
Emas: Jawa Timur
Perak: DKI Jakarta
Perunggu: Jawa Tengah

100 Meter Gaya Dada Putra
Emas:  Jawa Barat
Perak: DKI Jakarta
Perunggu: Bali

100 Meter Gaya Dada Putri
Emas:  Riau
Perak: Jawa Barat
Perunggu: Jawa Timur

200 Meter Gaya Ganti Perorangan Putra
Emas: Papua
Perak: Jawa Barat
Perunggu: Jawa Barat

200 Meter Gaya Ganti Perorangan Putri
Emas: Sulawesi Tengah
Perak: Jawa Timur
Perunggu: DKI Jakarta

4×100 Meter Gaya Bebas Estafet Putra
Emas: DKI Jakarta
Perak: Jawa Timur
Perunggu: Jawa Barat