PON 2024 Aceh Sumut
Perenang Muda Jatim Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi Raih Empat Emas PON 2024, Masih Bisa Bertambah

MEDAN, SURYAKABAR.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumut menjadi panggung bagi perenang muda Jawa Timur (Jatim) Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi untuk meraih medali emas.

Perenang 19 tahun itu tampil memukau di PON 2024. Izzy sudah meraih empat medali emas. Sukses itu membuat Izzy masuk jajaran sebagai bintang renang baru di Indonesia.

Medali emas keempat Izzy diraih dari nomor 800 meter gaya bebas putri yang dilombakan di Kolam Renang Selayang, Medan, Minggu (15/9/2024) malam. Izzy finis terdepan dengan catatan waktu 8 menit 59,31 detik.

Catatan waktu Izzy tersebut sekaligus memecahkan rekor PON yang sebelumnya ditorehkan Adinda Larasati Dewi Kirana yakni 8 menit 59,78 detik di PON XX Papua.

Baca Juga:  Wushu Jatim Juara Umum PON 2024, Tuan Rumah Sumut Posisi Kedua

Selain dari nomor 800 meter gaya bebas putri, sebelumnya Izzy sudah mendapatkan tiga medali emas dari renang perairan terbuka nomor 5.000 meter putri, 400 meter gaya bebas putri, dan 4×200 meter gaya bebas estafet.

“Akhirnya salah satu mimpi saya tercapai. Pencapaian ini untuk orangtua, Jawa Timur, dan untuk mereka yang pernah meremehkan saya,” kata Izzy dilansir laman PON 2024.

Pencapaian Izzy ini melampaui apa yang ditorehkannya di PON XX Papua. Saat itu, perenang kelahiran Malang tersebut mendapatkan dua medali emas dan satu perunggu.

Baca Juga:  Kuartet Perenang Putri Jatim Pecahkan Rekor PON

Dua emas dia dapatkan dari nomor 4×100 meter gaya bebas estafet putri dan 4×200 meter gaya bebas estafet putri. Untuk nomor perorangan, Izzy menperoleh perunggu lewat nomor 400 meter gaya bebas putri.

Kini, di PON XXI Aceh-Sumut, di nomor perorangan, Izzy sudah mengantongi tiga medali emas. Satu medali emas lainnya dari nomor tim.

“Hasil ini menegaskan kerja keras dia selama ini tidak sia-sia. Tentu ini sesuatu yang sangat membanggakan bagi saya dan keluarga,” ungkap Sukranandya, ayah Izzy yang menonton langsung PON XXI di Medan.

Baca Juga:  Medali Emas Kesepuluh Balap Sepeda Jatim Diraih Pebalap Muhammad Syelhan Nurrahmat

“Latihan saya selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil. Tapi, tidak ada kata puas untuk prestasi. Masih ada kesempatan menambah medali emas di sini. Saya juga ingin kejar SEA Games, Asian Games, dan kalau bisa Olimpiade,” tambah Izzy.

Izzy belum mau berhenti. Dia masih ingin terus membukukan prestasi. Tak terkecuali di PON XXI ini. Kendati target empat medali emas sudah terpenuhi, Izzy masih ingin menambah tiga medali emas lagi.

“Saya masih akan turun di tiga nomor lagi. Saya punya keyakinan untuk bisa menambah medali emas di sini. Untuk itu saya harus tetap fokus dan aware dengan sekitar,” tegas anak kedua dari empat bersaudara itu. (*)