Tim Robot Terbang Nirawak Bayucaraka ITS Optimistis Borong Juara KRTI 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Bayucaraka dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya optimistis memborong juara di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) Nasional 2024 yang akan digelar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 12-19 September 2024.

General Manager Tim Bayucaraka ITS Raditya Eka Putra mengatakan, KRTI merupakan ajang tahunan yang mempertemukan tim robot terbang nirawak unggulan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Pada tahun ini, tim Bayucaraka ITS mengikuti lima divisi yang dilombakan yakni Racing Plane (RP), Technology Development (TD), Vertical Take Off Landing (VTOL), Fixed Wing (FW), dan Long Endurance Low Altitude (LELA),” ujar mahasiswa yang biasa dipanggil Radit ini pada Grand Launching yang berlangsung di Gedung Pusat Robotika ITS, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga:  Karate Do Unair Raih 34 Medali di International Karate Championship Yogyakarta

Radit menjelaskan, pada divisi RP atau terbang cepat, tim Bayucaraka ITS akan menurunkan pesawat kebanggaannya, PALKONJET. Sedangkan, pada divisi TD yang berfokus pada pengembangan teknologi akan diturunkan pesawat SONGGORITI, dan pada divisi VTOL sebagai level lanjutan pengembangan teknologi akan diturunkan drone SOEROKU87.

“Sedangkan, di divisi LELA sebagai implementasi terbang jarak jauh dan FW yang berfokus pada aplikasi nyata akan diturunkan pesawat BARBATOS dan COBRA,” jelasnya.

Baca Juga:  Profesor Pertanian UB Kembangkan Inovasi Jagung, Produktivitas Tinggi dan Waktu Panen Lebih Cepat

Radit menyebut, tim Bayucaraka ITS telah melaksanakan uji terbang rutin sejak Maret 2024. Menurutnya, fokus utama yang ditekankan berpusat pada reliabilitas pesawat nirawak yang akan diterbangkan.

“Realibilitas ini mencakup konsistensi waktu tempuh dan jarak terbang, ketahanan terhadap kerusakan, dan keandalan pesawat dalam melewati berbagai misi serta rintangan,” terangnya.

Baca Juga:  Lomba Robotika dan Internet of Things PCU Diikuti Ratusan Pelajar dan Mahasiswa

Koordinator Tim Robotika ITS Muhtadin ST MT mengatakan, dukungan dari seluruh pihak turut menjadi pendorong semangat tim untuk mengukir prestasi terbaik. Dukungan ini menjadi modal besar bagi tim Bayucaraka ITS untuk meningkatkan prestasi di kontestasi KRTI Nasional mendatang.

Tim Bayucaraka ITS ditargetkan dapat meraih podium tertinggi di KRTI 2024, sehingga kerja keras yang telah dikerahkan dapat terbayar dengan kemenangan.

“Kami berpesan agar seluruh anggota tim yang bertanding dapat menjadikan momentum sebagai wadah berkontribusi dan belajar, serta mencari pengalaman dan relasi sebanyak mungkin,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *