PON 2024 Aceh Sumut
Ketua Umum KONI Jatim Bangga Senam Artistik Jatim Raih Tiga Emas, Tiga Perak dan Dua Perunggu di PON 2024 Aceh Sumut

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim senam artistik Jawa Timur sukses merebut tiga medali emas, tiga perak dan dua perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumut. 

Kendati PON 2024 akan resmi dibuka 9 September 2024 dan ditutup 20 September 2024, namun cabang olahraga (cabor) senam artistik telah digelar 28-31 Agustus 2024.

Usai berjuang di PON 2024 rombongan tim senam artistik Jatim kembali ke Surabaya. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur, Muhammad Nabil, menyambut langsung kedatangan tim senam artistik di Bandara Juanda, Sidoarjo, Senin (2/9/2024) malam.

Mereka membawa pulang tiga medali emas yang diraih Salsabila Hadi Pamungkas di nomor alat lantai putri dan alat meja lompat putri, serta Dwi Samsul Arifin di nomor alat gelang-gulang putra.

Baca Juga:  Esport Jatim Optimistis Raih Medali Emas PON 2024 Aceh Sumut

Sementara tiga medali perak diraih dari nomor beregu putra, beregu putri dan Jalena Sandra Sayidina yang tampil di nomor alat balok keseimbangan.

Sedangkan dua medali perunggu diraih Salsabila Hadi di nomor serba bisa perorangan putri, serta Jalena Sandra di nomor alat lantai putri.

“Alhamdulillah, tentu kami bangga dengan prestasi ini. Kemudian ini hampir sesuai target kita, semoga masih ada tambahan dari beberapa nomor (senam) yang dipertandingkan,” kata Nabil.

Baca Juga:  Update Klasemen Sementara Futsal Putra Grup A PON XXI Aceh Sumut 2024, Sumut Puncaki Klasemen Sementara, setelah Kalahkan DKI Jakarta

Ia mengatakan, medali emas senam artistik ini adalah medali pertama Jatim yang dapat memacu semangat atlet lain untuk bisa memperoleh medali emas.

Penyambutan kedatangan ini, Nabil mengaku, sebagai wujud perhatian terhadap atlet yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama Jatim.

“Mereka adalah duta dan pahlawan olahraga Jatim. Maka kita harus menyambut mereka dengan baik dan penuh perhatian, karena mereka sudah mengkontribusikan prestasi, meluangkan waktunya untuk olahraga atas nama Jatim,” pungkasnya.

Baca Juga:  47 Atlet Kota Malang Siap Berjuang di PON XXI Aceh Sumut 2024

Peraih emas PON Salsabila Hadi menyampaikan terima kasih atas sambutan yang dilakukan KONI Jatim. Ia mengaku, senang bisa berkontribusi turut menyumbangkan medali emas bagi Jatim. Apalagi, ia harus merelakan waktunya belajar maupun bermain untuk berlatih.

“Alhamdulillah dari hasil kerja keras latihan pagi sore selama persiapan hampir tiga tahun dari Papua berbuah hasil manis meraih dua emas, satu perak dan satu perunggu,” kata Salsabila.

Rombongan besar kontingen Jatim akan berangkat ke Aceh dan Medan, Jumat (6/9/2024) mendatang. Di PON XXI Aceh-Sumut ini Jatim mengirim 884 atlet dan 291 official. Mereka akan bertanding di 63 cabor dari 67 cabor yang dipertandingkan. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *