Berita Kota Malang
Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan Tampil ‘Pede’ di Ajang Malang Flower Carnival

MALANG, SURYAKABAR.com – Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan tampil percaya diri (pede) disaksikan ribuan pasang mata dalam ajang Malang Flower Carnival (MFC) 2024.

Iwan didampingi Pj Ketua TP PKK Kota Malang bersama jajaran Forkopimda Kota Malang melakukan defile kostum menyapa warga yang telah memadati Alun-alun Tugu Kota Malang dan Jalan Kertanegara, Minggu (25/8/2024).

Animo masyarakat begitu tinggi menyapa Pj Wali Kota Iwan di sepanjang rute karnaval. Kemeriahan karnaval MFC diawali dengan pemukulan genderang secara serentak.

Baca Juga:  Surabaya Gelar Karnaval nang Tunjungan, Wali Kota Eri Cahyadi Ajak Masyarakat Populerkan Batik Surabaya

Malang Flower Carnival tahun ini merupakan gelaran yang ke-14 dan menjadi event karnaval yang ajeg bertahan sejak 2010.

Tahun ini mengusung tema ‘The Magnificent of Arema’. Tema ini merepresentasikan semangat juang, persaudaraan, serta perpaduan seni budaya dan keindahan alam sebagai kebanggaan bersama warga Kota Malang.

“Malang Flower Carnival tahun ini merupakan perwujudan kebanggaan tersebut. Peserta karnaval, dengan kreativitas luar biasa, menampilkan kostum, dekorasi yang mencerminkan semangat dan kebanggaan Arema. Ini bukan hanya sebuah karnaval, tetapi juga sebuah perayaan identitas sebagai Arek Malang,” ungkap Iwan.

Baca Juga:  Sidoarjo Carnival 2024, Perkuat Budaya Lokal dan Tingkatkan Pariwisata

Iwan menyebut event spektakuler ini mampu menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari warga, wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara.

Menurutnya, even ini efektif untuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif dan menguatkan citra Kota Malang sebagai destinasi pariwisata.

Malang Flower Carnival yang diikuti 377 peserta ikut menggulirkan aspek perekonomian termasuk pelaku UMKM. Di antaranya 75 akomodasi home stay dan hotel, serta 100 operator tour paket wisata terjual.

Baca Juga:  Pemkot Malang Raih e-Purchasing Award Jatim 2024, Transaksi Capai Rp 50,9 M

Sementara, estimasi nilai transaksi ekonomi dalam Malang Flower Carnival ini mencapai 5 hingga 7 miliar rupiah.

“Ini adalah bukti Malang adalah kota yang penuh dengan kreativitas dan potensi besar dalam mengembangkan sektor pariwisata, luar biasa,” terang Iwan.

Ke depan Pj. Wali Kota Iwan berharap event ini dapat terus dilaksanakan. “Saya berharap event ini akan dilaksanakan terus, memberikan hiburan untuk masyarakat. Dapat memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Malang, ini sebagai wujud pemerintah memberikan layanan untuk masyarakat,” pungkasnya. (abs) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *