KAI Daop 8 Surabaya Ajak Penumpang Hentikan Aktivitas saat Detik-detik Proklamasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, dirasakan para penumpang kereta api (KA) jarak jauh di stasiun wilayah Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya. Salah satunya di Stasiun Gubeng Surabaya, Sabtu (17/8/2024).

Para penumpang KA yang berada di stasiun maupun yang sedang melakukan perjalanan di atas KA menunjukkan sikap nasionalismenya dengan menghentikan sejenak aktivitasnya dan berdiri sikap sempurna saat detik-detik proklamasi sembari diiringi lagu Indonesia Raya.

“Para petugas menginstruksikan ke pelanggan melalui pengeras suara untuk berdiri, baik saat berada di stasiun maupun di atas KA tepat saat detik-detik Proklamasi jam 10.10 WIB,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Baca Juga:  KAI Sambut HUT ke 79 RI Gandeng 790 Komunitas Pecinta Kereta Api Gelorakan Semangat Selamat di Perlintasan

Luqman mengatakan, pada momen ini, KAI Daop 8 Surabaya juga membagikan bendera kecil kepada para penumpang KA jarak jauh agar tetap menyemarakkan semangat nasionalisme.

”Selain itu, juga membagikan souvenir menarik bagi pelanggan KA jarak jauh Kelas Luxury dan Compartment Suite Class, yakni KA Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya Pasarturi-Gambir, dan KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir,” ungkapnya.

Luqman menyebut, saat melayani para penumpang, petugas frontliner KAI Daop 8 Surabaya yang bertugas dengan kompak menggunakan pakaian adat dan pejuang kemerdekaan. Sehingga, tercipta suasana kemerdekaan yang semakin semarak di stasiun.

Baca Juga:  HUT ke-79 Republik Indonesia, Unesa Pecahkan Dua Rekor MURI

Di sisi lain, sebagai bentuk semarak HUT ke-79 RI di Daop 8 Surabaya juga dilakukan pemasangan livery khusus HUT ke-79 RI di sejumlah rangkaian KA jarak jauh, yakni KA Argo Wilis tujuan Surabaya Gubeng-Bandung, dan KA Turangga tujuan Surabaya Gubeng-Bandung.

Kemudian, KA Argo Semeru tujuan Surabaya Gubeng-Gambir, KA Bima tujuan Surabaya Gubeng-Gambir, dan KA Gajayana tujuan Malang-Gambir.

Baca Juga:  Parade Busana Adat Nusantara Warnai Upacara Kemerdekaan RI di Banyuwangi

”Livery khusus tersebut berlatar warna merah dengan gambar siluet peta Indonesia logo Kemerdekaan ke-79 RI dengan tema ”Nusantara Baru Indonesia Maju”, serta tulisan ”Dirgahayu Republik Indonesia” #KAIUNTUKINDONESIA berwarna putih,” jelas Luqman.

Luqman menambahkan, teks #KAIUNTUKINDONESIA pada livery tersebut memiliki makna KAI terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia berbasis moda transportasi kereta api yang sesuai dengan visi misi perusahaan. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *