KAI Daop 8 Surabaya Sediakan Ruang Khusus Laktasi di 14 Stasiun KA Jarak Jauh

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyediakan Ruang Menyusui atau Ruang Laktasi di 14 stasiun kereta api jarak jauh yang berada di wilayah KAI Daop 8 Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, Ruang Laktasi tersebut disediakan untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang, khususnya para Ibu yang akan memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada anaknya.

”Selain mendukung peran Ibu dalam memberikan ASI kepada sang buah hari, KAI Daop 8 Surabaya juga memperingati Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) setiap tanggal 1-7 Agustus,” ujar Luqman, Senin (5/8/2024).

Baca Juga:  KAI dan Kejati Jatim Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Penanganan Masalah Hukum di Atas Kereta Api
Ruang Menyusui atau Ruang Laktasi bagi Ibu yang akan memberikan ASI kepada anaknya disediakan di Stasiun Gubeng Surabaya.

”Tahun ini, Pekan ASI Sedunia mengusung tema “Closing the Gap Breastfeeding Support for All” yang bertujuan untuk mendorong dan mendukung semua Ibu untuk dapat memberikan ASI kepada anaknya, serta tidak ada kesenjangan yang terjadi, baik dari ras, status sosial, ekonomi, serta budaya,” sambungnya.

Luqman menjelaskan, 14 stasiun jarak jauh di wilayah Daop 8 Surabaya yang menyediakan Ruang Laktasi, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Surabaya Kota, Stasiun Mojokerto, dan Stasiun Wonokromo.

Baca Juga:  Dosen ITS Temukan Teori Gempa Bumi Baru dan Dipublikasikan di Jurnal Internasional
Baca Juga:  Program iCOP PCU Kontribusi Hidupkan Kembali Desa Wisata di Kabupaten Mojokerto

”Selain itu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Bangil, Stasiun Lamongan, Stasiun Kepanjen, Stasiun Malang Kota Lama, Stasiun Lawang, dan Stasiun Sidoarjo,” jelasnya.

Luqman mengakui, pentingnya fasilitas ruang menyusui bagi ibu yang sedang membawa bayi atau balita saat akan melakukan perjalanan dengan kereta api. Menurutnya, penyediaan ruangan tersebut akan memberikan privasi bagi Ibu saat menyusui.

”Setiap anak-anak di Indonesia kami rasa juga berhak memperoleh ASI di mana pun dan kapan pun untuk mendukung pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasannya,” pungkas Luqman. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *