Olimpiade 2024 Paris
Debut Judoka Maryam March Maharani di Olimpiade 2024 Paris Tembus 16 Besar, Kemenpora Beri Apresiasi

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Judoka Maryam March Maharani baru saja tampil di Olimpiade 2024 Paris. Rani, panggilan Maryam March Maharani turun di kelas 52 kg.

Kendati Olimpiade 2024 Paris merupakan debut bagi Rani, namun dia berhasil menembus babak 16 besar. Seiring hasil itu Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) memberi apresiasi atas penampilan Rani.

“Kita menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada atlet judo kita Rani, apresiasi atas perjuangan yang dilakukan mulai dari kualifikasi sampai akhirnya bisa tampil di Olimpiade,” kata Budi Ariyanto Muslim, Asisten Deputi (Asdep) Olahragawan Andalan Kemenpora saat menjemput kepulangan kontingen judo Indonesia yang baru saja berjuang di Olimpiade 2024 Paris di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (30/7/2024) dikutip laman Kemenpora.

Menurutnya, tampil di Olimpiade merupakan impian semua atlet. Sebab, itu merupakan puncak karir seorang olahragawan dalam kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia.

Baca Juga:  Unggul FC Malang Tuan Rumah Seri Terakhir Liga Futsal Profesional 2023/2024, Tiket Hampir Sold Out

“Rani adalah debutan, pertama kali tampil di Olimpiade. Meski belum berhasil, dia sudah membawa harum nama bangsa. Tanding di Olimpiade adalah cita-cita dari seorang atlet,” urainya.

Oleh karenanya, Asdep Budi bilang Kemenpora akan terus mendukung cabang olahraga berprestasi termasuk judo yang mampu menembus panggung Olimpiade. Segala proyeksi pembinaan akan terus dilakukan.

“Pemerintah memberi dukungan, apalagi kan ada Desain Besar Olahraga Nasional. Ketika ada cabor punya potensi Olimpiade bahkan berpeluang medali pasti didukung penuh. Termasuk semua event-event yang diikutinya,” jelasnya.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Juara ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Kalahkan Thailand U-19 di Final
Baca Juga:  KONI Jatim Panggil Cabor untuk Finalisasi Atlet dan Pelatih yang Berangkat PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Sementara itu, Rani mengaku bersyukur dirinya mampu menembus pentas Olimpiade Paris. Ini adalah pengalaman yang besar bagi pribadi wanita 24 tahun itu.

“Ini debut saya. Pengalaman yang luar biasa dan berharga. Sangat bersyukur untuk momen ini. Saya selalu memberikan yang terbaik, terima kasih atas doa dan dukungan semuanya. Mohon maaf belum bisa menghasilkan medali,” terangnya.

Langkah Maharani di Olimpiade harus terhenti di babak 16 besar setelah tumbang dari wakil Kosovo, Distria Krasniqi. Rani harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor 0-10.

Meski gagal, Rani setidaknya sukses mewakili Indonesia di ajang judo pada Olimpiade 2024 Paris. Sebelumnya, Indonesia sempat absen lama dalam cabang olahraga itu, terakhir kali tampil pada 2012. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *