Berita Sidoarjo
Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Otorita IKN Kunjungi TPA Jabon

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Onesimus Patiung, berkunjung ke Tempat Pemrosesan Ahkir (TPA), Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Sabtu (27/7/2024) siang.

Onesimus tertarik dengan penggunaan Eco Lindi di TPA Jabon. Menurutnya, Eco Lindi akan digunakan untuk pengelolaan sampah di IKN karena reaksinya yang cepat menghilangkan bau.

“Kami sangat mengapresiasi penanganan sampah di TPA di Jabon Sidoarjo. TPA di sini tidak menimbulkan bau, karena cairan Eco Lindi. Rencana untuk penanganan sampah di IKN kami akan menerapkan seperti di TPA Jabon Sidoarjo,” tuturnya.

Baca Juga:  RT 01 Pertahankan Juara Bola Voli HUT ke-79 RI RW 05 Desa Ngampelsari Candi Sidoarjo

Onesimus mengapresiasi dengan cairan Eco Lindi yang dihasilkan dari proses kimiawi cairan sampah justru bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau sampah itu sendiri.

“Selain tidak menimbulkan bau di TPA ini tidak tampak adanya lalat, biasanya lokasi sampah itu identik dengan lalat,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amiq mengatakan, pihaknya siap menfasilitasi jika nanti cairan Eco Lindi diterapkan dalam pengelolaan sampah di IKN.

“Kami menghargai bahwa mendapatkan apresiasi dari Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana dari Otorita IKN. Menfaktakan sendiri tentang eksisting di TPA Griyo Mulyo di Jabon,” kata Amiq.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Malaysia U-19 di Semifinal, Hadapi Thailand U-19 di Final, Buffon Cetak Gol Kemenangan Indonesia dengan Kepala Diperban
Baca Juga:  Tour de Banyuwangi Ijen 2024 Bawa Berkah Buat UMKM

Ia menambahkan, pihaknya sangat bersyukur mudah-mudahan ini akan bisa menginspirasi banyak hal terutama dalam proses pengelolaan sampah. Karena pengelolaan sampah tersebut biasanya mendapatkan banyak tantangan dari masyarakat.

“Biasanya sampah ditolak warga itu karena baunya yang menyengat, tapi ketika dari awal kita mampu mengelola sampah tidak menimbulkan bau. Maka konsep pengembangan pengelolaan sampahnya, dengan Eco Lindi mungkin bisa menghilangkan bau sampah, dan semoga Eco Lindi bermanfaat untuk Indonesia,” imbuh Amiq. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *